Pengalaman Anggota

Kok bisa ya? Cari penjual bumbu pakai WA

Beberapa hari yang lalu Bu Johar minta tolong anaknya yang bernama Melati ke sebuah pasar tradisional di kota Bandung. Yang dituju penjual bumbu rendang Padang langganannya. Memang bumbu rendang Padang di penjual ini bagi Bu Johar sudah cocok dengan seleranya.

 

Bumbu ini bumbu mentah, berupa kunyit, lengkuas dan sebagainya yang masing2 diblender. Kalau misalnya ada yang beli bumbu untuk 1 kg daging, penjual tinggal mengambil masing2 berapa sendok, begitu. Di rumah, ketika memasak daging untuk dibuat rendang, tinggal menambah santan saja, karena semua bumbu sudah lengkap isinya.

 

Jadi menghemat tenaga. Apalagi kalau dagingnya sudah minta dipotong-potong penjual di pasar dan santan dibuat dari kelapa parut dari pasar juga. Oh ya, tidak direkomendasikan santan instant, sebab tidak dijamin rasa dan daya tahannya.

Dari rumah sudah diberi ancar2 penjual itu adanya di dekat penjual daging. Sesampai di pasar, Melati menilpun ke rumah, dia bingung sebab banyak penjual bumbu seperti itu di sana, termasuk di dekat penjual daging. Apalagi Melati mencarinya di dekat penjual daging ayam, sementara yang dimaksud ibunya penjual daging sapi.

“Wah bisa berabe kalau keliru penjual yang lain, sebab selama ini cocoknya dengan Ibu yang itu”, kata Bu Johar dalam hati.
” Siapa nama penjualnya Bu?, tanya Melati.
” Tidak tahu”, jawab Bu Johar.
” Orang-orang sih memanggilnya dengan Uni”. Uni adalah panggilan orang Minang yang artinya mbak, kakak. Bisa jadi penjual lain juga dipanggil dengan Uni. Tentu saja Melati tetap bingung, sebab setelah ditanyakan ternyata banyak yang namanya Uni.

Akhirnya Melati dapat akal, Ibu penjual bumbu itu difoto dengan HP dan dikirim via WA (WhatsApp) ke ibunya. Bu Johar, di rumah, begitu melihat foto itu, lalu membenarkan Ibu penjual itu dimaksud.
Untung ada WA, jadinya bisa membantu mencari penjual bumbu di pasar. KBY. Kok bisa ya ? (Widartoks 2016; dari grup FB-ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close