Kesehatan

Pesan soal mudik sehat dari Menkes

Jakarta-Tradisi mudik jelang hari raya Fitri menyebabkan penumpukan penumpang di terminal, bandara, pelabuhan, jalan raya dan tempat2 tertentu di jalur mudik. Membeludaknya pemudik meningkatkan potensi kecelakaan dan masalah kesehatan : Keracunan makanan, kambuhnya penyakit, dsb.

 

Menkes Nila Djuwita Moeloek, mengatakan, potensi kecelakaan dan masalah kesehatan saat mudik bisa dicegah dengan melaksanakan 15 pesan berikut ini, sehingga mudik tetap sehat, aman dan selamat. “Pertama, siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik,” kata Nila di Jakarta, Jumat (17/6).

 

Kedua, periksa kondisi kelayakan kendaraan. Ketiga, tidak meminum obat-obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi. Keempat, beristirahat selama 15 menit setiap mengemudi selama 4 jam. Kelima, jangan paksakan mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk.

 

Keenam, displin dan patuh rambu lalu lintas. Ketujuh, kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk. Kedelapan, kendaraaan tidak melebihi muatan yang layak. Kesembilan, gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara. Kesepuluh, jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang diberikan orang tidak dikenal.

 

Kesebelas, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan. Keduabelas, konsumsi makanan dan minuman yang sehat. Ketigabelas, buanglah sampah pada tempatnya. Keempatbelas, tidak buang air kecil/besar sembarangan, gunakan toilet yang tersedia. Kelimabelas, bila sakit manfaatkan pos kesehatan terdekat.

 

Mengutip data Posko Operasi Ketupat tahun 2015 (Korlantas Polri) terjadi penurunan kejadian kecelakaan saat mudik Lebaran tahun 2014-2015. Dari 3.337 kasus kecelakaan (2014) jadi 3.048 kasus kecelakaan (2015). Demikian pula kematian menurun dari 722 kasus di 2014 jadi 646 kasus pada 2015.

 

Menanggapi kasus kematian yang semakin menurun, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, berharap tahun ini jumlah korban akan terus berkurang berkat kehati-hatian pengemudi. (Dina Manafe/WBP; Suara Pembaruan dan http://www.beritasatu.com/kesehatan/370473-ini-pesan-menkes-soal-mudik-sehat-dan-aman.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close