Psikologi

Saran memasuki masa lanjut usia

1.Tinggallah ditempat anda sendiri ditengah lingkungan yang cocok , untuk bisa menikmati hidup dengan kebebasan dan privasi.
2.Pegang sendiri aset dan tabungan anda bersama pasangan atau orang yang betul betul bisa anda percayai.

3.Berikan milik anda  pada anak kalau  memang anda mempunyai kelebihan untuk memberi , dan atur apa yang baru akan anda  bisa berikan kalau anda sudah meninggal
4.Jangan menggantungkan hari tuamu kepada anak meskipun ada janji-janji dari mereka. Ingatlah bahwa anda harus mandiri tanpa tergantung anak.

5.Jangan mencampuri kehidupan , rencana dan masa depan anak . Dan sebaliknya jangan biarkan kehidupanmu diatur oleh anak.
6.Jangan membandingkan keadaanmu  dengan nasib orang lain,  terimalah apa yang anda dapati secara legawa, dan jangan iri hati atau mengharapkan apapun dari orang lain.

7.Jangan menggunakkan  usiamu untuk dapat belas kasihan orang, respek atau perhatian dari orang lain.
8.Dengar apa yg orang katakan dan lihat apa yang orang lakukan, tetapi bertindaklah sesuai suara hati tanpa tergantung orang lain.
9.Perluas lingkungan teman2 dan semua yang dapat saling bisa memberikan sesuatu secara timbal balik.

  1. Bila anda merasa telah cukup hasil kerja anda, berhentilah, untuk bisa menyisakan waktu yang bisa anda nikmati , dengan syarat jangan berhenti beraktivitas baik jasmani maupun pikiran. Tetaplah aktip melakukan sesuatu yang membuat anda bahagia. Semua ini akan menunjang hidup sehat anda menuju hari tua yang mungkin bisa menjadi lebih panjang dan membahagiakan.
  2. Mari menyambut hari tua dengan semangat. (A. Kareim Roy; dari grup WA-72)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close