Pengalaman Anggota

Sate Ambal Kebumen

Sate AmbalRasanya beberapa waktu yg lalu saya pernah cerita tentang sate ambal kebumen. Siang itu sengaja keponakanku yg pulang mudik mampir kerumah bawa sate ambal pesananku. Sate ayam ini sebelum dibakar sudah matang dengan bumbu yang meresap, manis gurih.
Bumbu saosnya yang seperti saos sate padang dg bahan bubur tempe akan disiramkan saat penyajian.
Sayang krn lebih 12 jam Kebumen Bandung akhirnya sdh agak masam dan tdk kumakan. Tapi 100% tdk mengurangi kelezatan satenya. Sayang lontong lebaran yg kubuat ketika itu sudah bablas angine. (Sunarto SA; dari grup WA-VN)-FR

 

Berikut kita kenali Sate Ambal dari sumber yang berbeda :

Citizen6, Kebumen: Sate Ayam Ambal, salah satu jenis kuliner khas Kebumen yang tak asing bagi Anda para penggemar sate. Masyarakat lebih mengenal makanan ini dengan Sate Ambal. Sesuai namanya, makanan ini berasal dari desa di kawasan Kebumen, yakni di Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal.

Tidak hanya dapat ditemukan di Desa Ambalresmi saja, jenis makanan yang satu ini juga dapat Anda jumpai di kawasan lainnya. Meskipun demikian, Anda dapat merasakan keaslian rasa sate ini di daerah asalnya, yakni di Desa Ambalresmi.

Saat ini, sate ambal dapat Anda jumpai di sejumlah warung makan yang ada di Jalan Daenles Ambal. Kawasan ini merupakan salah satu jalan alternatif untuk menjangkau beberapa objek wisata yang ada di Purwokerto, Cilacap, dan Yogyakarta, sehingga untuk mencarinya Anda tidak akan merasa kesulitan.

Pada dasarnya, Sate Ayam Ambal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan sate ayam lainnya yang lebih mengutamakan dan mengandalkan penggunaan bumbu kacangnya. Ciri khas sate ini terdapat pada cara pengolahan dan bumbu yang digunakannya.

Dalam pengolahannya, daging ayam diolah bersama dengan bumbu, kemudian sate dibakar di atas bara api. Karena daging yang digunakan telah dimasak terlebih dulu, maka daging sate ini akan terasa lebih gurih dan memiliki tekstur yang lembut kendati belum dibakar sekalipun. Saat dibakar, aroma khas dari sate ini sangat terasa menggiurkan untuk segera dicicipi.

Dalam penyajiannya, sate Ambal yang telah dibakar dihidangkan di dalam piring yang bumbunya disajikan secara terpisah. Selain itu, sambel yang digunakan pun berbeda sari jenis sate lainnya. Untuk Sate Ayam Ambal ini digunakan sambal tempe kedelai. Hampir sama dengan sejumlah jenis sate lainnya, sate ambal ini juga disajikan bersama dengan potongan ketupat.

 

Tapi disesuaikan dengan selera pelanggan. Anda bisa menikmati Sate Ambal ini hanya mengeluarkan uang tak lebih dari Rp 8 ribu satu porsinya. (Ahmad Nursani/mar; adalah pewarta warga; http://citizen6.liputan6.com/read/768448/sate-ambal-kuliner-khas-kebumen-yang-menggiurkan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close