Kesehatan

Waspadai gigitan lima serangga ini

Metrotvnews.com, Jakarta: Gigitan serangga dapat menyebabkan beberapa efek samping, mulai dari yang ringan hingga berat. Patut diperhatikan agar Anda jangan mengabaikan gigitan beberapa jenis serangga karena dapat membahayakan kesehatan. Mana saja serangga itu?

 

  1. Kutu busuk
    Kutu busuk biasa hidup di kasur yang tidak bersih. Terkena gigitan kutu busuk menyebabkan kemerahan dan rasa gatal luar biasa. Saking gatalnya, bekas gigitan menimbulkan luka jika digaruk.Saat terkena gigitan kutu busuk, olesi bekas gigitan dengan krim pereda rasa gatal untuk menyerap racun serangga. Jangan digaruk untuk mencegah luka.

    2. Lebah atau tawon
    Sengatan serangga ini meninggalkan bekas putih. Cabut bekas putih dengan pinset untuk mengurangi penyebaran racun. Bila memiliki alergi, racun serangga ini akan menyababkan tenggorokan bengkak dan kesulitan bernapas.

    Saat ini, ada banyak lotion semprot yang bisa mengurangi peradangan atau penyebaran racun usai digigit serangga. Semprotkan obat saat Anda tergigit serangga.

    3. Parasit tungau
    Parasit tungau mikroskopis betina mengubur telurnya pada kulit manusia. Inilah yang menyebabkan kudis. Menurut CDC, kudis menyebar dengan cepat, sehingga Anda perlu mengobatinya dengan segera. Dokter akan memberikan lotion yang bisa membunuh tungau dan telur tersebut.

    4. Gigitan nyamuk
    Beberapa penyakit disebabkan gigitan nyamuk, sebut saja DBD dan malaria. Segera ke dokter bila Anda merasa demam usai digigit nyamuk. (Sri Yanti Nainggolan; http://m.metrotvnews.com/rona/kesehatan/nN9G169k-jangan-abaikan-gigitan-5-serangga-ini)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close