Pengalaman Anggota

Gadung

Awal-awal tahun enam puluhan negeri kita sedang krisis pangan. Beras harganya melambung. Beruntung di rumah dinas ayah saya di Cepu halamannya luas dan banyak tumbuhan pengganjal perut, diantaranya Gadung yang senang merambat pohon-pohon besar.

 

Pohonnya mudah dikenali karena beranak daun tiga helai. Dengan bersenjatakan linggis digali untuk ditemukan umbinya dan harus dikukus sampai masak betul.

Gadung sesungguhnya sangat beracun, kepala pusing, dunia berputar, muntah-muntah sampai usus rasanya tertarik keluar. Tiga hari saya tidak bisa sekolah dan sejak itu seumur hidup saya tidak bisa makan gadung, juga kripiknya yang katanya lezat itu. Bau-nya saja sudah membuat perut saya mual.

Mas Dioscorides seorang dokter yang berasal dari Yunani, yang blusukan di hutan tropis yang menemukan dan memperkenalkan ke dunia luar. Namanya kemudian diabadikan di marga tanaman ini, Dioscorea. Nah, hanya sedikit dari 600 speciesnya yang bisa anda makan, termasuk Dioscorea hispidaPOIR, ya Mr.Gadung itu. (Sadhono Hadi; dari grup FB ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close