Pengalaman Anggota

Kok bisa ya?-Kalau menanam bibit cengkeh

Tahun 1980-an harga cengkeh bagus, maka banyak orang ramai2 tanam cengkeh. Tak kecuali teman Pak Johar yaitu Pak Aren. Dia beli tanah di daerah yang murah ± 100X100 m2. Lalu mau ditanami cengkeh. Waktu itu bibit cengkeh sulit, Pak Aren ini mendatangkan bijinya dari IPB Bogor. Itupun tak mudah.

 

Kemudian dia mendapat bibit di kota tempat tinggalnya. Bibit itu masih kecil dan dikemas atau ditanam di plastik polibag. Kemudian bibit dibawa ke kebun yang sudah disiapkan. Lalu ditanam di lubang-lubang yang sudah disiapkan. Sekian ratus bibit cengkeh tertanam sudah.

Beberapa bulan ditanam, ternyata bibit2 itu tidak bertambah besar, kurus dan malah pada mati. Padahal sudah disiram. Kenapa ya? Maklumlah pada saat itu informasi tentang pertanian kurang, juga belum ada internet yang menyediakan berbagai informasi terkait.

Selidik punya selidik, ternyata saat itu bibit ditanam beserta polibag-nya. Mungkin dikira akar tanaman bisa menembus plastik polibag menuju ke dalam tanah. Ternyata tidak bisa. Ya pantaslah kalau tanaman mati semua. KBY. Kok bisa ya ? (Widharto KS-2017; dari grup FB-ILP)-FR

0774p-Kuliner mangga gedong gincu-Cantik merayu-a20 6/9p 01
Beberapa malam yang lalu, saya dan istri ke rumah tetangga yang berjarak 80 mt dari rumah. Pulang jam 21. Nah, di tengah perjalanan kami “nemu” buah mangga di tengah jalan umum dua buah. Kedua buah ini kecil, kira2 beratnya masing2 satu seperempat ons.

Menemukan buah seperti ini rejeki lho, sebab misalnya kami pulang lebih cepat dari jam 21, buahnya belum jatuh. Kalau pulangnya lambat, ya tidak ketemu kami. Jadi ingat jaman kecil, sangat senang kalau menemukan buah yang jatuh di jalan.

Paginya saya kupas dan dimakan ber-4, saya , istri dan 2 anak saya. “Bagito”, bagi “roto”, begitulah. Rasanya? Manis dan sedikit asam, ada aroma segar yang khas. Nah, di sinilah kelebihan dari mangga gedong gincu ini. Selain itu, warna merah merona itu juga menggugah selera.

 

Maka tak heran mangga ini harga jualnya lebih mahal dari mangga harum manis yang padahal memang manis itu. Anda sudah pernah mencoba? Kalau ada, cobalah. (Widharto KS-2017; dari grup FB-ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close