Iptek dan Lingk. Hidup

Ketapang Kencana

Mungkin pohon ciptaan Allah yang paling rapih, apik, teratur dan simetris adalah Ketapang Kencana. Batang pokoknya lurus keatas, dahan-dahannya 90 derajat menyamping membentuk lingkaran dan bertingkat keatas tajuk daunnya makin mengecil.

Nama latin pohon yang cantik ini adalah Terminalia molineti, tumbuh di daerah tropis, sub-tropis di Asia, Australia dan Africa bagian selatan. Pohon ini cepat besar sehingga cocok untuk pelindung atau penghias taman rumput.

 

Daunnya yang kecil, hijau mengkilat, tidak terlalu membuat kotor halaman, sekalipun seminggu malas menyapu. Kalaupun ada kelemahan dari pohon ini kayunya tidak kuat benar dan saya sekalipun menyukainya belum pernah melihat bunganya, apalagi buahnya.

Konon bunganya berwarna hijau keputih-putihan, terdiri dari 5 helai kecil kelopak bunga dan pemalu, enggan menonjol. Buahnya (katanya..), buahnya kuning, merah gelap atau hitam. Karena malas berbunga, saya akalin dengan menempelkan anggrek merpati (Dendrobium crumenatum) ke batangnya, mudah-mudahan kelak berbunga juga. (Sadhono Hadi; dari grup FB ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close