Wisata dan Kuliner

Selain ke Senggigi datang juga ke Pantai Meninting Lombok

Mataram-Liburan ke Pantai Senggigi di Lombok bisa dilanjutkan ke pantai dekat pusat Kota Mataram, Pantai Meninting. Pantai ini terletak di Kampung Kongok, Desa Meninting, Kec-Ampenan Utara, Kota Mataram dan unik. Pantai ini terselip di antara pantai lainnya, dengan akses jalan yang kurang memadai.

Menurut warga sekitar penyebutan Pantai Meninting atau Kongok Meninting karena berada di Kampung Kongok, Desa Meninting. Sebutan Kampung Kongok merujuk hewan kongok yang merupakan sebutan dari kepiting darat yang jumlahnya melimpah. Jarak pantai ini dari kota kurang dari 10 kilometer.

“Itu kenapa disebut Kampung Kongok. Dulu juga di sini adalah rawa. Jadi kalau dari kota mau ke Senggigi harus naik perahu atau memutar dengan jarak lebih jauh,” kata Suhardianto (43) saat berbincang dengan detikTravel di lokasi, Minggu (14/8/2016) kemarin.

 

Selain itu, beberapa puluh tahun, yang ingin menikmati pasir pantai harus menyeberang sungai dulu. Hal itu dikarenakan dibelah oleh jalur muara Sungai Meninting. “Kita kalau mau ke pantai dulu itu harus nyeberang sungai. Dalam pula sungainya, bisa 4 meter,” imbuh Suhardianto.

Para nelayan Kampung Kongok pada saat itu, kata dia biasa menyandarkan perahunya di bibir pantai. Namun berbeda dengan sekarang yang menyandarkan perahunya di muara Sungai Meninting. “Acara di sini ketika pas lebaran ketupat di sini sangat ramai. Mereka ke sini hanya berwisata,” kata dia.

Beberapa mitos pun menyelimuti pantai dan kali yang bermuara di Pantai Meninting. Salah satunya adalah beredarnya kabar yang menyebut jika seseorang pernah mandi di muara sungai maka bisa dipastikan kembali berkunjung lagi.

“Kata orang kalau pernah mandi di sini, pasti suatu saat balik lagi ke sini. Sampai sekarang orang-orang di sini masih percaya adanya buaya putih. Kata orang-orang tua warnanya putih besarnya hanya sebesar biawak. Dia sebagai penjaga kali agar menjamin keamanan warga sini,” kata Suhardianto.

“Dia tidak mengganggu tapi kalau diganggu bisa membuat celaka. Dia berkaitan dengan kejadian kecelakaan tenggelam tiap tahunnya di pantai ini,” imbuh dia. Pantai meninting mempunyai panjang sekitar 1 kilometer. Muara kali yang ada di pantai ini pun berpinda

 

“Di sini ramainya Minggu sama hari libur. Kekurangannya akses jalan karena tanah di pesisir pantai ini milik warga. Jadi pemerintah tidak membangun fasilitas umum seperti toilet,” ujar dia. Pemandangan pantai ini bisa dibilang bagus walau berpasir hitam. Provinsi Bali terutama Gunung Agung bisa terlihat jelas dari pantai ini tapi tergantung pada cerahnya cuaca.

“Para pengunjung bisa melihat sunset di sini. Kalau ombaknya bagus anak2 muda tiap hari latihan surfing” pungkas Suhardianto. (krn/fay; Ahmad Masaul LKhoiri; http://travel.detik.com/read/2016/08/15/121000/3275428/1519/bosan-ke-senggigi-datang-saja-ke-pantai-meninting-lombok)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close