Wisata dan Kuliner

261 Peserta ikut Tour de Barelang di Kota Batam

Batam-Diikuti 261 peserta dari atlet dan yang hobi sepeda 24 negara ikut Tour De Barelang 2017 yang diselenggarakan Dinas Kebudaytaaan dan Pariwisata Batam (13/5). Kegiatan Tour De Barelang ini bekerja sama dengan‎ Cyco Sport Singapura, harus mengayuh 130 km.

 

Start dari dataran Engku Putri Batam Centre ke Jembatan Enam Barelang, peserta finis di Jembatan Satu Barelang. Dari 24 negara peserta di Tour De Barelang, United Kingdom (Britania Raya) mengirim terbanyak peserta: 72 orang. Singapura 59 orang, Australia (42), Indonesia (19), dan Prancis (10).

Negara lain : Jepang dan Filipina menambah 9 peserta, Amerika Serikat (7), Jerman dan Selandia Baru (4), lalu Malaysia, Belgia, Belanda, Norwegia dan Irlandia menempatkan 3 orang, Kanada dan Swiss (2), Finlandia, Polandia, Thailand, Hongkong, India, Italia (1).

“Kami senang, mereka yang hadir antusias dan bersemangat ikut Tour De Barelang ini,” kata Ferbrialin Kadispar Kota Batam. ‎Febrialin menuturkan, Tour De Barelang kali  ini mengusung konsep go green. Terjadi perubahan konsep dari sebelumnya.

 

Peserta dilarang buang botol bekas minuman berserakan dijalan, jika tidak memiliki botol, peserta tidak akan diberi air minum isi ulang.‎”Ini konsep cinta lingkungan, kita harus jaga bersama” kata dia. Tujuan Tour De Barelang juga meningkatkan kunjungan pariwisata manca negara.

 

Jadi Disbudpar Kota Batam menyelenggarakan Tour De Barelang. “Para peserta juga lebih mengenal  Kota Batam seperti kulinernya, shooping, kebudayaan dsb” ujarnya. Wakil Walikota Batam, Amsakar Ahmad, yang hadir pada pembukaan Tour De Barelang 2017 mengatakan, kegiatan ini spirit baru untuk Batam meningkatkan wisata. Pasalnya‎ Batam di dukung destinasi wisata yang baik, dan lokasi strategis untuk keluar masuknya wisatawan.

 

Sejumlah faktor itu diantaranya, puluhan pelabuhan dan penerbangan domestik serta internasional yang melayani wisatawan. “Dengan adanya kegiatan ini, kita perharap para peserta akan datang kembali, bahkan mengajak teman lainnya untuk mengunjungi Batam,” ujar Amsakar.

Menurutnya, untuk meningkatkan kembali perekonomian Batam, pemerintah harus menggenjot sektor lain seperti pariwisata. “Jadi kita lakukan‎ kelayakan sertifikasi agar layanan ke wisman lebih baik dan menarik untuk kembali lagi”. (sbn; Muhammad Arief; https://sports.sindonews.com/read/1204968/51/261-peserta-dari-24-negara-ikuti-tour-de-barelang-2017-di-kota-batam-1494730218)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close