Iptek dan Lingk. Hidup

Tapak Dara

Tapak dara adalah tanaman yang rajin berbunga namun seolah terabaikan. Catharanthus roseus ini kadang tumbuh liar atau hanya sebagai pembatas atau ditanam sepanjang pinggir tembok. Akarnya yang kuat menghunjam ke tanah memang cocok dan bandel untuk dicabutin. Padahal bunganya tumbuh meriah diujung pucuk daunnya yang hijau mengkilat.

Asli dari Madagaskar dan dengan cepat tersebar keseluruh daerah yang bersuhu hangat di seluruh dunia. Gampang memang menyebarkannya, buah polongnya berisi bijinya yang hitam awet dimasukan amplop, di bubuhi perangko dan dikirim ke sahabat pena (dulu, tahun enam puluhan).

 

Ditempat tujuan harus disebarkan di tanah yang lembab, langsung tumbuh dara-dara kecil dari bintik bijinya. Bisa juga dipotong dan ditaman di stek.

Pada jaman modern ini para botanist menyilangkan dengan sesama genus berhasil memperoleh warna-warna bunga yang mempersona. Aslinya hanya tumbuh maksimum setengah meter, kini bahkan ada yang mini. Tak lebih dari sejengkal, lucu. (Sadhono Hadi; dari grup FB ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close