Kesehatan

Telur untuk kesehatan tubuh

Telur, sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, harganya ekonomis dan mudah diolah membuat sumber makanan ini disuka semua orang. Tapi, terlalu banyak mengonsumsi telur khususnya bagian kuning telur akan meningkatkan risiko kolestrol dalam tubuh.

 

Padahal menurut ahli kesehatan, telur adalah makanan sempurna. Untuk itu yang perlu Anda lakukan adalah tetap mengonsumsi rutin tapi tidak berlebihan. Karena ada begitu banyak keistimewaan yang bisa tubuh dapatkan dari kebiasaan mengonsumsi telur.

Meningkatkan mood secara instan
Telur mengandung asam lemak omega 3, seng, vitamin B dan iodida. Semuanya kandungan tersebut akan bekerjasama untuk melawan keleahan dan membalikkan suasana hati yang buruk. Jadi saat Anda mengalami hari yang buruk cobalah untuk mengonsumsi telur.

Melawan kanker
Wanita yang lebih banyak mengonsumsi kolin, nutrisi yang ditemukan dalam telur akan memiliki risiko kanker payudara 24 persen lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang kurang mengonsumsi kolin. Satu telur ukuran besar mengandung sekitar 30 persen porsi harian kolin yang dianjurkan untuk tubuh.

Membantu melangsingkan tubuh
Para peneliti dari Louisiana State University menemukan bahwa ketika orang yang kelebihan berat badan memilih sarapan telur dibanding makanan sumber karbohidrat sederhana seperti roti putih, nasi goreng dan bagel setidaknya lima kali seminggu, mereka kehilangan 65 persen berat badannya.

Memelihara sistem otot
Telur adalah salah satu sumber makanan alami yang mengandung protein untuk menjaga massa otot. Vitamin B12 dalam telur juga membantu kontraksi otot ketika Anda bergerak.

Menjaga memori tetap tajam
Kolin di telur juga berfungsi menjaga memori Anda tetap tajam dengan cara meningkatkan pelepasan asetilkolin, neurotransmitter yang membantu penyimpanan memori di otak. Untuk itu jika Anda ingin  ingatannya kuat, rutinlah mengonsumsi kolin. (Erwiandika; http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/keistimewaan-telur-untuk-kesehatan-tubuh.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close