Psikologi

Benar dan merasa benar

Menjadi benar itu penting, namun merasa benar itu tak baik. Kearifan membuat seorang jadi benar, tapi bukan merasa benar. Perbedaan orang benar dan orang yg merasa benar: Orang benar tidak akan berpikiran ia yang paling benar. Orang yg merasa benar di pikirannya hanya dirinyalah yg paling benar.

Orang benar bisa menyadari kesalahannya. Sedangkan orang yg merasa benar tidak perlu untuk Mengaku salah. orang benar setiap saat akan introspeksi diri dan bersikap rendah hati. Tetapi Orang yg merasa benar tidak perlu introspeksi karena merasa paling benar dan cenderung sombong/takabur.

Orang benar memiliki kelembutan hati, mau menerima masukan dari siapapun dan mau meminta maaf jika merasa ia bersalah. Orang MERASA BENAR Hatinya Keras, sulit untuk  menerima nasihat dan masukan apalagi kritikan.

Pada akhirnya, orang BENAR akan dihormati, dicintai dan disegani oleh hampir semua orang.
Sedangkan orang yg MERASA BENAR hanya akan disanjung oleh mereka yg berpikiran SEMPIT dan yg sepemikiran dgnnya.

Mari terus perbaiki diri untuk bisa Menjadi benar agar tidak selalu merasa benar. Bila kita sudah termasuk tipe orang benar tetaplah dalam Kebenaran dan selalu Rendah Hati. (Ngreni; dari grup WA-78; sumber dari http://www.kumpulankonsultasi.com/2016/05/antara-benar-dan-merasa-benar.html)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close