Islam

Berdarmawisata reliji di Bogor(2)

(Masjid al Mustofa Bogor )-Banyak dari kita yang tidak mengetahui jika di kota Bogor ini mempunyai bangunan-bangunan yang terdapat sejarah misalnya bangunan masjid yang telah berusia ratusan tahun.

 

Yaitu Masjid Al-Mustofa yang terdapat di sebuah gang kecil, yang berada di jalan ciremai ujung, di kampung bantar jati kaum, RT 04 RW 10 kelurahan bantarjati, kecamatan Bogor Utara. Masjid ini dapat dikatakan  tertua di kota Bogor sebab dibangun pada tahun 1728.

 

Awalnya masjid ini hanya seluas sekitar 11 x 35 meter, selain hanya terdapat kolam wudhu, pertama kali bangunan masjid ini masih memakai 5 kayu jati, tetapi pada saat ini sudah banyak yang mengalami perbaikan. Hingga luas bangunannya juga sudah diperbesar hingga menjadi sekitar 15 x 50 meter.

 

Selain bangunannya, ternyata mesjid ini juga menyimpan peninggalan sejaran lain, yakni Al Quran serta naskah khotbah salat Jumat yang ditulis tangan. Keduanya dibuat oleh Tubagus Al Mustofa Bakrie. Al Quran dan naskah khotbah salat Jumat ini kondisinya masih terawat dan disimpan di sebuah kotak kaca.

 

Masjid yang bisa dibilang tertua ini sudah banyak orang yang mengunjungi dari berbagai daerah maupun di luar daerah, baik itu dari dalam negeri hingga ke mancanegara. Masjid ini sudah diresmikan oleh pemerintah kota Bogor sebagai suatu cagar budaya pada tahun 2010. Berbagai kegiatan keagamaan pun masih selalu dilakukan, misalnya tadarus, pengajian serta kegiatan yang lainnya. Tamat. (Sumber : http://bogor.tribunnews.com/ http://www.jalanjajanhemat.com/ dan https://hello-pet.com/wisata-religi-bogor-2039901)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close