Psikologi

Pikiran kotor-Menutupi bumi yang luas

Mungkinkah selembar daun kecil menutupi bumi yang luas ini? Menutupi telapak tangan saja sulit. Tapi kalau daun kecil ini menempel di mata, maka tertutuplah bumi. Begitu juga bila diri kita ditutupi pikiran buruk sekecil apapun, kita akan melihat keburukan di mana2.

Bahkan Bumi ini tampak buruk. Jangan pernah menutup mata kita, walau hanya dengan daun yang kecil. Jangan menutupi diri kita dengan sebuah pikiran buruk, walau hanya seujung kuku. Bila diri kita tertutup, maka tertutuplah semua.

Air yang banyak di lautan luas dan dalam takkan pernah sanggup menenggelamkan perahu kecil di atasnya, kecuali kalau air itu mulai masuk ke dalam perahu. Demikian juga hidup ini, gosip & segala penilaian negatif akan selalu ada di sekeliling kita. Semua takkan sanggup menenggelamkan kita, kecuali kita membiarkan semua itu masuk ke dalam pikiran kita.

Menjaga pikiran itu bukan tanggung jawab orang lain, tapi tanggung jawab kita masing-masing. Kita tidak bisa menyalahkan orang lain untuk setiap masalah yang hadir dalam hidup kita bila kita sendiri tidak bertanggung jawab, karena sudah membiarkan “sampah” masuk & mengotori hidup kita.

Kita harus menyaring napapun yang masuk melalui pikiran kita sebagai pintu gerbangnya. Bila pikiran kita BAIK, maka akan terasa nyaman hidup kita. Jangan lengah. #SEMOGA BERMANFAAT#… Selamat pagi semua; ( Djohan Noor; dari grup WA-78;  https://iphincow.com/2015/11/16/membersihkan-pikiran/)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close