Islam

Tanggung Jawab (TA 127)

Apa yang dilakukan Muhammad SAW 40 tahun, sebelum dia diangkat jadi Rasul? Ia seperti manusia biasa. Waktu kecil ia diasuh kakeknya, Abdul Muttalib. Ia kemudian diasuh pamannya Abu Talib. Ia menggembala domba. Ia bergaul dan berteman dengan beberapa orang Mekah. Ia juga menjadi suami. Ia menjalankan usaha dagang. Ia seperti pedagang2 lain.

Sebelum diangkat menjadi Rasul, ia sudah dikenal sebagai pribadi yang rendah hati. Ia pendengar yang baik, lebih banyak mendengar dari pada berbicara. Bila ia marah, ia berusaha menyimpan kemarahannya agar tidak tampak dari luar. Ia memiliki akhlak yang mulia, jujur tidak pernah berbohong.

 

Apa yang keluar dari mulutnya selalu benar. Apa tindakannya selalu benar. Ia juga seorang yang bisa dipercaya. Bila mendapat amanah, ia mustahil berkhianat. Seluruh penduduk Mekah menggelari beliau dengan As Siddiq sekaligus juga Al Amin. Seorang yang selalu benar dan dapat dipercaya.

Sifat-sifat luhur Nabi itu menjadi citra Islam yang dibawanya ketika beliau mulai berda’wah setelah diangkat menjadi Rasul. Hanya dalam dua puluh tiga tahun, masyarakat jahiliah yang rusak penuh maksiat, menjadi masyarakat Islam yang melekat padanya sifat-sifat tauladan dari seorang Muhammad.

Ustadz kondang yang berasal dari Amerika, Nouman Ali Khan, mengatakan tanggung jawab setiap orang Islam untuk menauladani sifat2 Nabi guna mengenalkan kepada dunia, Inilah Islam! Itulah prioritas saat ini,apapun profesi anda sekarang, ia mengajak.

 

Guru yang siddiq dan amanah. Akuntan yang siddiq dan amanah. Polisi yang siddiq dan amanah. Pedagang yang siddiq dan amanah. Apapun. Buatlah sehingga orang yang menghina dan merendahkan Islam seperti meludah ke matahari. Terpecik muka sendiri. (Sadhono Hadi; dari grup FB ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close