Islam

Tradisi Idul Adha di berbagai Negara(2/2)

(palingseru.com)-4-Amerika Serikat

Umumnya, penduduk setempat mendapat jatah libur 1-3 hari selama peringatan hari raya kurban. Seperti di Indonesia, konsentrasi kegiatan sering dilakukan di Masjid sejak pagi hari. S

 

Setelah itu mereka sering berbagi dengan sesama dengan acara makan bersama. Hanya, berbeda dengan di Indonesia, disini prosesi penyembelihan umumnya tak banyak dilakukan.

 

5-Mesir

Seperti di AS, perayaan Idul Adha di Mesir ditandai dengan libur 3 hari selama perayaan. Umat muslim setempat biasanya saling ber-maaf2an setelah prosesi solat Ied. Dan akhirnya, diadakan prosesi pembagian daging korban yang biasanya dilakukan oleh LSM setempat.

 

6-Arab Saudi

Berbeda dengan di Indonesia, di Arab Saudi justru hari Idul Adha yang layak dijadikan momen hari raya terbesar. Pemerintah Kerajaan Arab disibukkan oleh pemotongan hewan kurban. Sebab, mereka akan mendistribusikan daging kurban ke negara2 Islam miskin. Terutama di kawasan Afrika, Asia Tengah, dan Asia Selatan.

 

Agar distribusi hewan merata dan mencapai sasaran, jutaan kilo daging ini dibekukan dan dikirimkan melalui kontainer yang diangkut kapal dan pesawat.

 

7-Ningxia-China

Jika di Indonesia, lelaki-wanita ber-duyun2 sholat Idul Adha di masjid, lain halnya dengan masyarakat di Ningxia, Cina. Masyarakat muslim etnis Hui disana, hanya lelaki yang ramai2 sholat Idul Adha di masjid. Sedangkan wanita dilarang sholat Idul Adha di masjid.

 

Takbiran dengan membakar hio. Ini merupakan tradisi Islam di Cina. Para jamaah membawa hio yang terbakar ke dalam masjid kemudian ditancapkan ke mangkok tempat hio. Setelah itu dilakukan ceramah sebelum dimulai sholat Idul Adha. (Bang Seru; Bahan dari :  http://palingseru.com/14057/7-tradisi-merayakan-idul-adha-di-berbagai-negara)-FatchurR  * Tamat…..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close