Islam

Keimanan mengagumkan

Yang keimanannya paling mengagumkan?. “Mengapa kamu tidak beriman ke Alloh padahal Rasul menyeru supaya kamu beriman ke Robb-mu ? Dia telah mengambil perjanjianmu jika kamu adalah orang2 beriman”. (QS Al Hadiid 8).

Rasul Saw telah bersabda kpd para sahabatnya “Siapakah yang paling mengagumkan keimanannya ?” Sahabat menjawab “Para Malaikat”, Rasul bersabda “Bagaimana mereka tdk beriman sedangkan mereka berada di sisi Robb-nya”. Sahabat menjawab “Jadi para Nabi ?” Rasul bersabda “Bagaimana mereka tidak beriman, sedangkan mereka mendapatkan wahyu ?”

 

Sahabat menjawab “Kalau begitu, kami ?” beliau menjawab “Bagaimana kalian tdk beriman sedangkan aku berada bersama kalian ? Orang mukmin yg dikagumi adalah kaum yg datang setelah kalian, mereka mendapatkan lembaran2 suci, yg mereka beriman kepada apa yg ada di dalamnya”. (Shahih Al Bukhari).

Mudah2an kita termasuk Muslimin yg dipuji Rasul Saw sebagai yg paling mengagumkan keimanannya. Aamiiin. (Sumber : Tafsir Ibnu Katsir) (Nanang Hidayat; dari grup WA-BPTg)-FR

 

IBO lainnya : Abu Jahal Fir’aun Mekkah
Siapa yang tak mengenal Abu Jahal Fir’aun Mekkah. Lelaki itu tubuhnya kecil, ringkih, namun wajahnya  kelam seakan menderita penyakit yang tdk kunjung sembuh. Pandangannya tajam menakutkan, lidah & ucapannya tajam mengiris menyakitkan hati orang lain.

 

Dialah Amir ibn Hisyam yang dijuluki Al Hakam karena kejahatan dan kebenciannya kepada Islam, sehingga oleh Rosul dinamai “Abu Jahal – Biang Kebodohan”. Saat Rosul menyatakan kerasulannya, Abu Jahal bernazar akan jadi musuh utama Islam. Dia berusaha menyakiti Muhammad dan pengikutnya.

*) Atas ijin pemiliknya, Abu Jahal menyiksa keluarga budak bernama Yasir, istrinya Samiyyah dan anaknya Ammar yang masuk Islam. Samiyyah meninggal setelah ditelanjangi diseret kuda ditengah padang pasir yang panas dan dadanya ditusuk belati. Samiyyah adalah syahidah pertama dalam Islam.

*) Saat Rosul bersujud dalam Sholat di Masjidil Haram, Abu Jahal berjanji ke kawan2nya akan menendang bokong Muhammad. Namun saat akan melakukannya, Allah melindungi Rosulullah seolah ada tabir yang menghalangi sehingga dia tidak bisa mendekati Rosulullah.

*) Ketika Rosulullah kembali ke Masjidil Haram, Abu Jahal melarangnya dengan menyebut dia sebagai pemimpin lembah Masjidil Haram. Namun ia mundur terkejut seolah melihat unta yg besar yang menghalanginya.

*) Suatu hari Abu Jahal dan kawan2nya mencegat Rosul utk mencela, memarahi dan mengucapkan kata2 kotor tidak pantas. Tiba2 datang Hamzah ibn Abdul Muthalib paman Rosul yang belum masuk Islam melemparkan Abu Jahal ke tanah sambil mengancam akan menghukumnya jika mengganggu lagi Muhammad. Atas kehendak Allah pada saat itu pula Hamzah masuk Islam.

*) Satu kejadian yang menimpa seorang pedagang unta yang ditipu oleh Abu Jahal dengan tidak membayar unta yang dibelinya. Oleh Para pemuka Mekkah pedagang unta ini disuruh menemui Muhammad dengan maksud untuk mengadukan Muhammad dengan Abu Jahal.
Rosulullah beserta pedagang unta datang ke rumah Abu Jahal utk menagih. Terjadi kejadian aneh bahwa Abu Jahal tanpa basa basi langsung membayarnya. Dalam pandangan Abu Jahal, dia melihat hewan buas dikepala Rosulullah yang akan menerkamnya.

*) Suatu hari Abu Jahal bersama para pemuda Quraisy mengurung rumah Rosulullah utk membunuhnya. Namun Allah Swt menyelamatkan beliau dengan menyuruhnya berhijrah. Mereka tidak melihat kepergian Rosulullah bersama Abu Bakar.

Demikian penghinaan2 Fir’aun Mekkah saat itu kepada Rosulullah, hingga saat perang Badar. Abu Jahal mati dengan leher terputus ditebas pemuda Muslim Muaz ibn Amr, Muas ibn Afra, Abdullah ibn Mas’ud. Kini dia menunggu hukuman Allah diakherat. (Asep Saefulbahri ; dari grup WA-BPTg; Diedit dari Kitab Asbabun Nuzul/IR)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close