Iptek dan Lingk. Hidup

Kadaka (BT 084)

Marga Asplenicum ini memiliki banyak macam dan diantaranya Asplenicum australasicum, banyak tumbuh di Australia bagia timur laut atau sekeliling Samudra Pacific, termasuk di hutan Papua. Intinya berupa rhyzome yang padat hitam dan kasar yang darinya mencuat daun-daun yang berbentuk V panjang sampai lebih dari satu meter dan lebar lebih dari 10 cm.

 

Semua daun Kadaka ini tumbuh melebar keluar dengan teratur dari pangkal rhyzome sehingga pada bagian tengah menyisakan ruangan yang lebar, seperti mangkok, mungkin karena itu disebut pakis sarang burung atau bird’s net fern.

Diperbanyak dengan memecah anakannya atau dari spora di bawah daunnya. Anakannya bisa ditanam di Pot dengan media yang kaya humus. Ia senang tumbuh di tempat yang lembab, diatas onggokan humus atau menempel di pohon.

 

Mangkok lebarnya seolah menjadi tempat menampung daun-daun kering yang jatuh dari atas, sehingga menambah kelembaban dan zat hara yang diperlukan oleh tanaman itu, Subhanallah, Tuhan jualah yang mengatur ini. (gambar Google)-(Sadhono Hadi; dari grup FB ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close