Aku cinta Indonesia

Kemenhub uji coba 2 trayek kapal Roro kurangi beban jalan Raya

Jakarta-Kemenhub siapkan 2 trayek pelayaran kapal roro Surabaya-Lembar NTB dan Jakarta-Surabaya. Regulator memproyeksikan ke-2 trayek itu mampu mengurangi beban jalan raya akibat dominasi angkutan barang dengan menggunakan truk selama ini.

 

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan, pihaknya dan PT ASDP operator, akan mengimplementasikan uji coba kedua trayek itu. Trayek Surabaya-Lembar mulai dicoba pada awal Desember 2016, sedangkan pengujicobaan trayek Jakarta-Surabaya diperkirakan terlaksana pada awal Januari 2017.

 

Kemenhub uji coba 2 trayek kapal Roro kurangi beban jalan Raya“Kita tahu bahwa angkutan barang itu dengan truk kini porsinya 94%. Hal itu membahayakan, merusak jalan, juga lambat, dan menimbulkan friksi dengan angkutan lain. Oleh karenanya, kami pikirkan kendaraan2 itu diangkut dengan kapal,” ujar Budi Karya di Jakarta, Minggu (6/11).

 

Dia jelaskan, kehadiran dua lintas pelayaran kapal roro itu bakal disinergikan dengan fungsi operasi jembatan timbang, yang pada 2017 mulai dikelola pemerintah pusat. Menurutnya, bila truk dengan angkutannya tidak lolos uji beban maksimal yang diwajibkan suatu prasarana jembatan timbang, maka truk itu diarahkan menggunakan kapal roro. (Thresa Sandra Desfika/PCN; Investor Daily dan http://www.beritasatu.com/ekonomi/397498-kurangi-beban-jalan-raya-kemhub-segera-uji-coba-dua-trayek-kapal-roro.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close