Iptek dan Lingk. Hidup

Mengendara dan mewaspadai banjir

Di musim hujan yang tidak menentu dan sering timbul genangan air yang relative tinggi, maka berikut ini Tips Bagi anda yang terjebak di lokasi banjir.. ada beberapa tips untuk anda :
1.Nyetir di tempat banjir gak perlu ngebut. Kenapa? Utk ngehindarin cipratan berlebih diruangan mesin yg berpotensi bikin mogok.
2.Nerjang banjir paling aman pakai gigi 1 (mobil matic pindah ke L atau 1). Karena beban mobil lebih berat waktu nerjang banjir
3.Gak perlu resah urusan knalpot kemasukkan air. Knapa? Karena knalpot gak akan bisa kemasukkan air selama mesin tetap nyala.
4.Ketimbang knalpot, yg harus diperhatikan justru filter udara di ruang mesin. Bagian ini lebih rentan bikin mogok di banjir
5.Karena filter udara yg kemasukkan air (cipratan dari menerjang banjir) bs bikin mogok. Maka dari itu perlahan saat melintas
6.Jika memungkinkan, hindari berhenti ditengah banjir. Karena saat mobil berhenti, permukaan air akan naik di ruang mesin.
7.Pada dasarnya, mobil bermesin diesel lebih aman nerjang banjir dibanding mesin bensin. Diesel lebih bersifat ‘Waterproof’.
8.Kenapa ga bole terlalu di gas wkt lewat banjir? Karena filter udara semakin kuat nyedot udara. Makin berpotensi ngisep air.
9.Selalu siaga dan cermat. Tanpa disadari, yg bikin mobil kita mogok justru terjangan ombak air berlebih dari mobil sebelah.
10.Setelah melewati genangan, jangan langsung mengebut. Cukup berbahaya karena kondisi rem kita masih sangat licin.
11.Cara mengeringkan rem setelah melewati genangan? Cukup lakukan rem kecil berulang hingga terasa menggigit kembali.
12.Untuk mobil manual, usahakan menghindari menginjak kopling saat berada di genangan banjir. Mengapa?
13.Menginjak kopling di genangan banjir membuat air masuk ke transmisi. Berpotensi merusak transmisi karena oli bercampur air.
14.Jika blum familiar dgn jalan yg dilewati. Usahakan jgn melintas pinggir jalan. Mgkn saja ada selokan.
15. Sebaiknya semua pintu tidak dalam keadaan terkunci karena ada kemungkinan air dapat merusak cetral lock.
16. Kalo lihat banjir besar mending berhenti atau puter arah aja.

  1. Dan yg terpenting kalo mogok jangan sekali2 starter mesin karena akan terjadi water hammer yg mengakibatkan piston langsung bengkok. Mending panggil mobil derek bawa ke bengkel. Biaya juga gak terlalu besar. (Sunarto SA-dari grup WA-VN; https://bcoftheday.wordpress.com/2016/11/14/tips-bagi-anda-yang-terjebak-di-lokasi-banjir/amp/)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close