Islam

Pencari Ilmu (TA 166)

Maaf kali ini agak panjang, karena saya harus menyampaikan secara utuh.
Pencari ilmu harus berbekal kecerdasan, seperti firman Allah di surat Az Zumar ayat 9,
“……Katakanlah, “Apakah sama orang2 yang mengetahui dengan orang2 yang tidak mengetahui?” Hanya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran”, syukurlah Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang se-baik2nya, hanya maukah mereka menggunakan akalnya untuk belajar?

Penjelajah ilmu harus memiliki ambisi. Ambisi adalah salah satu anugrah Allah untuk hiasan manusia yang hidup. Tanpa ambisi manusia tidak akan maju. Ambisi adalah pemicu tekad. Namun demikian ambisi harus dikendalikan dan tidak bisa diumbar tanpa etika.

Jer basuki mawa bea, orang yang haus ilmu harus siap berkorban, dana, waktu atau kenikmatan-kenikmatan yang lain. Jalan ilmu adalah jalan prihatin, demi tujuan bahkan target yang mulia.

Musafir ilmu haruslah sabar. Orang-orang yang berhasil dalam mencari ilmu sehingga mendapatkan penemuan yang hebat pastilah orang yang sabar, tekun dan pantang menyerah. Mendapatkan ilmu tidak ada jalan pintas, kadang perlu berulang-ulang mencoba. Sabar dalam mengalahkan onak dan duri.

Orang yang merindukan ilmu sadar bahwa jalan yang akan ditempuh adalah jalan yang panjang dan lama. Terkadang orang ini dari awal sudah memaklumi bahwa sampai kelak ruh meninggalkan raga, tujuan pengabdi ilmu ini belum tercapai. Ia sadar tidak ada ilmu yang diperoleh secara instant.

Pencari ilmu harus mematuhi guru atau ustadz tempat ia menimba ilmu. Mematuhi dalam hal-hal yang benar, bukan sekedar patuh buta. Pembimbingnya adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Bahkan sesungguhnya format dari belajar adalah murid kelak harus lebih pintar dari pengajarnya. Bila murid selalu dibawah gurunya, maka kualitas ilmu akan surut dan kelak akan hilang.

Last but not least, semua atas ridla Allah SWT, untuk itu do’a senantiasa berjalan beriringan dengan usaha. Penuntut ilmu sadar semua ilmu adalah milik-Nya, Ilmu Allah tanpa batas, semoga Allah berkenan menganugrahkan setitik ilmu kepada

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close