Psikologi

Cipta-Rasa-Karsa dan Karya

(Pikiran – Hati – Tekad dan Kerja)-Cipta, rasa dan karsa sudah jadi falsafah hidup leluhur, ada yang menamakan Tridaya: tiga unsur daya dalam diri tiap manusia yaitu dari pikiran, hati dan tekat semangat (spirit).

 

Dari ketiganya tidak dibedakan apa yang lebih berdaya gerak dan lebih dahulu menggerakkan setiap orang. Tridaya menjadi bermakna jika diwujudnyatakan dalam karya nyata.

a-Cipta, berhubungan dengan pikiran, pengetahuan, wawasan, gagasan, ide, nalar, logika, rancangan, kreasi, inovasi, imajinasi, permenungan, inspirasi.
b-Rasa, berhubungan dengan hati, olah rasa, kalbu, nurani, moral, kasih, tulus, senang, cinta, emosi.
c-Karsa, berhubungan dengan  kehendak, tekat, niat, semangat, kesungguhan.

Pengetahuan dan wawasan luas dan selalu berpikiran positif, memunculkan banyak ide dan gagasan kreatif dan inovatif yang bisa jadi inspirasi bagi dirinya dan banyak orang. Dan didasari oleh hati yang tulus dan perasaan senang, berdasarkan cinta dan kasih yang berasal dari nurani yang paling dalam.

 

Dengan penuh tekat – semangat dan kesungguhan hati. Kemudian diwujudkan dengan tindakan nyata, dalam perbuatan, aksi dan karya nyata, akan menghasilkan buah karya yang bermanfaat bagi kehidupan bersama. Itulah ; Cipta – Rasa – Karsa dan Karya.

Petuah Simbah : ” Cipta, rasa, karsa lan karya, uga kudu dilandhesi pasrah sumarah marang Kang Maha Panyipta_. ” (Dyon Soemodihardjo; dari grup WA-VN)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close