Selingan

Asal usul perahu Kayak

Kano atau kayak pernah digunakan sebagai transportasi budaya tempo dulu, kini memberi nuansa baru dalam kegiatan manusia moderen. Kayak artinya kapal pemburu yang biasa digunakan sebagai sarana transportasi tradisional, untuk meng-endap2 dengan ketenangan luar biasa dalam mendekati target mangsa yang diinginkan.

 

Dengan fasilitas dek tertutup pada kayak membuatnya lebih nyaman menyusuri laut karena lebih mampu menumpahkan terpaan gelombang daripada sampan tradisional lainnya . Biasanya sebagian besar kayak digunakan untuk berburu dan memancing selama musim panas.

Ada juga perahu yang hampir serupa kayak dengan ukuran jauh lebih besar, serta dapat mengangkut sampai 20 orang, disebut perahu ladang Umiak. Perahu ladang Umiak dan kayak berbentuk mirip, dan keduanya sama2 digunakan transportasi mengangkut penumpang atau berburu sepanjang sejarah peradaban tempo dulu.

Desain Kayak disesuaikan kebutuhan spesifik dari daerah tertentu. Misalnya, kayak yang dirancang oleh penduduk wilayah Bering Lurus bisa lebih lebar dan lebih pendek. Sedang kayak dari wilayah Dataran Hijau agak ramping dan sisinya rendah. Kayak terlihat lebih tua dan lebih luas dikenal dari Pulau Baffin .

Perahu Kayak pertama kali diciptakan kaum Inuit (penduduk artic). Uniknya , meski daerah itu sebagai tanah kelahiran kayak , sangat sedikit bukti arkeologi kayak yang dapat ditemukan di daratan Siberia. Awalnya penduduk Eskimo membuat kerangka perahu kayak dengan kayu apung dilapisi kulit sebagai pelindung.

 

Rangkaian kayu kerangka diikat menggunakan otot atau tendon, setelah itu dilapisi kulit kandung kemih yang berisi udara sehingga memungkinkan perahu Kayak tidak dapat tenggelam. Kini, langka melihat kayak kulit tradisional yang digunakan dan ilmu pengetahuan tradisional tentang konstruksi perahu kayak sepertinya telah pudar. Ada juga perahu kayak awal lainnya yang terbuat dari tulang ikan paus .

Kini bahan2 yang digunakan membuat kayak telah berubah signifikan dari tahun ke tahun seiring perkembangan jaman. Daratan Eropa sepertinya menemukan fleksibilitas dari pembuatan perahu kayak yang pernah dirancang berbahan kulit, diganti menggunakan bahan kain selimut oleh mereka .

 

Metode ini terus berlanjut sampai 1950, hingga berdiri perusahaan bernama Lembah Produk yang pertama kali memproduksi perahu kayak berbahan fiberglass. Tahun 1984, kayak pertama dari bahan plastik diperkenalkan. Dengan bahan plastik perahu Kayak jadi lebih ringan, lebih kuat, dan lebih fleksibel untuk dikendarai.

Saat ini tersedia beberapa jenis kayak yang dirancang dengan bahan2 yang cocok untuk kegiatan acara OR .Ada banyak tempat latihan kayak yang dapat diakses semua tingkat keahlian, dengan beberapa fitur tambahan yang dapat memberi perasaan nyaman saat kegiatan eksplorasi atau tahap latihan. (http://ticketguebanget.blogspot.co.id/2014/04/mengenal-asal-usul-perahu-kayak.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close