Selingan

Tradisi ramadhan di Indonesia(5/5)

(halomoney.co.id)-Seri ke-5 terakhir : 12-Megengan Jawa Timur

Ini adalah tradisi khas masyarakat Jawa Timur seperti Tuban, Malang dan Surabaya. Megengan berasal dari kata megeng, bahasa Jawa yang berarti menahan. Tradisi Megengan menjadi peringatan atau penanda bahwa sebentar lagi bulan puasa akan tiba.

 

Umat Islam diwajibkan berpuasa dan menahan diri dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa. Tradisi megengan bisa berupa makan bersama tetangga2 terdekat berupa kendurian, ziarah kubur, masak besar dan mem-bagi2 ke sanak saudara dan kerabat, kenduri di mushola atau langgar.

 

Tradisi ini menjadi salah satu jejak sejarah penyebaran Islam di Jawa yang mengakulturasi budaya masyarakat setempat atau kearifan lokal.

 

Itulah tradisi-tradisi unik masyarakat Indonesia ketika menyambut dan memeriahkan bulan Ramadhan. Beragam tradisi yang khas Indonesia itu menjadi bukti kesekian betapa kaya budaya dan kearifan lokal masyarakat Indonesia. Selamat beribadah puasa Ramadan. (Ruisa Khoiriyah; Bahan dari :  https://www.halomoney.co.id/blog/tradisi-unik-bulan-ramadhan-yang-hanya-ada-di-indonesia)-FatchurR * Tamat………..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close