Aku cinta Indonesia

Sepuluh Sungai di Indonesia yang menarik(1/2)

(wetsipot.blogspot.co.id)-Berikut sungai2 di Indonesia yang menarik : 1-Sungai Kapuas

Sungai di pulau kalimantan dan mengalir dari pegunungan muller hingga berakhir di muara sungai di selat karimata ini sungai terpanjang di Indonesia dengan panjangnya yang mencapai 1178 km.

 

Sungai ini jadi sumber mata pencaharian bagi nelayan yang menangkap ikan di sungai ini. Setiap hari kemerdekaan RI, di sungai ini dijadikan wisata karena biasanya selalu diadakan lomba perahu hias. Para wisatawan juga dapat menikmati keindahan sungai ini dengan menaiki kapal wisata yan tersedia.

 

2-Sungai Biskori

Sungai ini di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Kab-Konawe Timur, Kendari, Sultra. Sungai ini memiliki keunikan, terdapat air terjun tujuh tingkat yang membuatnya begitu indah. Air terjun bertingkat ini disebut sebagai Air Terjun Moramo. Air terjun ini memiliki tinggi 100 meter. Jika Anda penasaran, Anda bisa segera mengunjungi lokasinya.

 

3-Sungai Bawah Tanah Goa Pindul

Sungai ini terdapat di Dusun Gelara, Desa Bejiharjo, Kec-Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Sungai ini berada di Goa Pindul dan berada di bawah tanah. Sungai ini memang tergolong kecil dan pendek. Panjangnya hanya 300 meter lebarnya pun 5 meter.

 

Namun, pemandangan di sekitarnya sangat indah. Dari bawah Anda bisa melihat lubang besar yang menyambungkan Anda pada daerah luar. Anda bisa berenang di dalam sungai karena sungai itu cukup dangkal. Karena berada di bawah tanah, sungai itu juga tampak jernih. Anda akan mendapatkan pengalaman menakjubkan di sana.

 

4-Sungai Tamborasi

Sungai ini berlokasi di Kecamatan Tamborasi, Kolaka, Sulawesi Tenggara. Sungai ini dikatakan sebagai sungai terpendek di dunia karena hanya memiliki panjang 20 meter saja. Namun sungai ini dikelilingi hutan hijau sehingga membuatnya sangat indah.

 

Karena itu sungai ini memiliki hulu dan hilir yang berdekatan, Anda bisa melihat laut yang berdekatan dengan sungai ini. Pemandangan di hulu sungai juga tidak kalah indah karena mata airnya keluar dari bukit kapur yang ada di sana.

 

5-Sungai Kampar

 

Sungai ini berada di Desa Teluk Meranti, Pekanbaru, Riau. Sungai ini cukup unik karena Anda bisa melakukan surfing di sini. Memang sungai ini tidak terlalu panjang, namun memiliki ombak hingga mencapai 7 hingga 10 meter.

 

Penduduk sekitar menyebut ombak di sungai itu sebagai Bono. Maka dari itu tidak heran jika sungai ini selalu ramai oleh peselancar. (Sumber : 1. http://news.lewatmana.com/ 2. http://hidupsehatkangmaman.blogspot.co.id/ 3. id.wikipedia.org dan http://wetsipot.blogspot.co.id/2015/12/10-sungai-terindah-di-indonesia.html?m=1)-FatchurR * Bersambung………..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close