Aku cinta Indonesia

Penerbangan dari Bandung dialihkan ke Bandara Kertajati Desember-2018

(liputan6.com)-JAKARTA; PT Angkasa Pura II (AP-2) mulai mengalihkan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Pengalihan  dimulai pada Desember 2018.

 

Dirut AP-2 Muhammad Awaluddin mengatakan, AP-2 mulai menata penerbangan di Bandara Husein Sastranegara. Dari penataan ini, sejumlah penerbangan dari bandara ini mulai dialihkan ke BIJB Kertajati secara bertahap.

 

“Bukan membantu mengurangi (penumpang di Bandara Husein). Kami tata pengalihan bertahap, dari rute dan tipe pesawat, terus pertimbangan lain, apakah nonkomersial haji umrah, umrah. Kalau umrah Lion sudah buka, mengurangi traffic-nya yang di Soetta, karena umrah Jabar, Lampung, masih Soetta,” ujar dia di Kemenhub Jakarta (13/11/2018).

 

Proses peralihan itu dalam tahap finalisasi. Sebab, dengan dialihkan ke BIJB Kertajati, maka ‎akan ada penyesuaian yang perlu dilakukan agar pelayanan terhadap penumpang juga bisa maksimal.

 

“Kami support fasilitas, transportasi daratnya jadi suatu bagian dalam satu paket pembelian tiket. Masyarakat Bandung yang Kertajati atau masyarakat Cirebon kita sediakan bus, sudah dimasukkan ke dalam tiket, jadi masyarakat enggak akan bingung lagi,” ungkap dia.

 

Selain itu, ada juga sejumlah pekerjaan rumah (PR) yang harus dilakukan untuk mempermudah akses penumpang ke BIJB Kertajati. Salah satunya akses jalan dan transportasi umum ke bandara. “Kan masyarakat sudah beli dari Bandung. Kalau ada pengalihan maka transportasi daratnya yang harus dipersiapkan,” kata dia.

 

Saat ini proses peralihan menunggu izin dari Kemenhub. Dia berharap mulai Desember peralihan penerbangan2 dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati bisa dimulai.

 

“Saya menunggu penetapan Direktur Angkutan Udara, juga maskapai. Mereka kan perlu ubah jadwalnya. Sepertinya Desember (dimulai bertahap), kita harus sosialisasikan terus,” tandas dia. (Septian Deny; Bahan dari : https://www.liputan6.com/bisnis/read/3691331/penerbangan-dari-bandung-dialihkan-ke-bandara-kertajati-mulai-desember)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close