Kesehatan

Liburan sehat bagi Diabetasi

Anda mungkin berencana berlibur dengan teman atau keluarga. Saat liburan, mayoritas orang cenderung melupakan penerapan gaya hidup sehat. Alangkah tidak bijaksana bila Diabetasi melupakan aturan makan dan konsumsi obat. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), ini 5 tips agar Diabatasi tetap sehat selama liburan.

 

1-Taati aturan

Mengontrol diabetes saat liburan, sama dengan mengontrol diabetes seperti hari2 biasanya. Anda mungkin kesulitan mengontrol yang disajikan. Tetapi Anda bisa menyiasatinya. Misalnya dengan tetap mengonsumsi obat diabetes sesuai aturan yang diberikan dokter.

 

Bawalah camilan sehat, bila ingin makanan manis sebagai pencuci mulut, kurangi karbohidrat saat makan utama, dan hindari menunda makan, karena menunda makan akan membuat Anda kalap, yang berakibat melonjaknya kadar gula darah Anda.

 

2-Kontrol diri

Saat dihadapkan makanan2 enak, cari cara menikmatinya dengan lebih sehat. Cara2 itu : Gunakan piring kecil untuk menikmati makanan yang paling Anda sukai, mulailah konsumsi sayuran agar Anda lebih cepat kenyang, batasi atau kurangi konsumsi alkohol karena alkohol dapat menurunkan gula darah dan berinteraksi dengan obat2 diabetes. Jangan lupa selalu mengontrol gula darah Anda tiap hari selama liburan.

 

3-Batas konsumsi makanan

Anda boleh mengonsumsi makanan favorit selama mampu mengontrol banyaknya porsi yang dikonsumsi. Pilih makanan yang benar2 jadi favorit Anda, yang mungkin sulit Anda temui se-hari2. Jangan lupa menghitung kalori makanan favorit Anda itu ke dalam catatan makanan harian Anda.

 

4-Tetap aktif

Aktivitas fisik itu penting bagi diabetasi. Bila Anda tidak sempat ber-OR selama liburan, Anda dapat tetap aktif, misal berjalan kaki setelah makan malam atau bersepeda santai sore hari. Selain membantu mengontrol gula darah, aktivitas fisik dapat membuat Anda terbebas dari stres.

 

5-Tidur cukup

Kurang tidur dapat membuat Anda sulit mengontrol gula darah. Terjaga di malam hari dapat membuat Anda sulit mengontrol nafsu makan, terutama makanan manis dan berlemak. Tidurlah selama 7-8 jam, agar Anda tetap relaks, dan sehat selama liburan. (Sumber: www.cdc.gov. dan Rianti Fajar; http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/tips-sehat-selama-liburan-untuk-penderita-diabetes-6631.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close