Kesehatan

Kondisi Yang Picu Infeksi Covid-19 Jadi Fatal

(health.detik.com)-JAKARTA; Gejala Covid-19 ringan pada pasien bisa fatal karena  kondisi penyakit penyerta, imunitas tubuh lemah, yang membuat tubuh tak kuat melawan COVID-19.

 

Baru-baru ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengungkap satu lagi kondisi yang bisa memperparah infeksi COVID-19. Orang yang berat badan berlebih berisiko fatal karena COVID-19.

 

Berdasar data CDC, lebih dari 71% warga AS 20 tahun ke atas mengalami obesitas. CDC mengacu pada  temuan penelitian terkait peningkatan kematian akibat COVID-19 yang memiliki obesitas. Kematian orang yang mengidap obesitas dan terpapar Covid-19 meningkat hingga 50%.

 

Universitas Carolina Utara yang sama, studi Chapel Hill menemukan yang dinyatakan obesitas cenderung dirawat di rumah sakit atau dirawat di ICU karena virus Corona COVID-19. “Menurut penelitian, obesitas berkaitan faktor risiko lain akibat COVID-19, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, ginjal kronis, penyakit hati, dan hipertensi,” ungkap CDC, dikutip dari Fox News.

 

Obesitas membuat imun tubuh lemah

CDC menyebut yang mengidap obesitas mengalami perubahan metabolisme penyebab peradangan dan masalah insulin. Hal ini membuat sistem kekebalan tubuh terhambat saat melawan COVID-19.

 

“Mengingat ancaman COVID-19 bagi individu obesitas, kebijakan makanan sehat berperan mendukung, dan terutama penting dalam mitigasi mortalitas dan morbiditas COVID-19,” kata Barry Popkin, PhD, profesor nutrisi di Sekolah Kesehatan Masyarakat Global UNC Gillings, mengatakan dalam rilis berita pada saat itu. Berikut daftar risiko tinggi akibat COVID-19 menurut CDC:

 

– Asma (sedang hingga berat)
– Penyakit serebrovaskular (mempengaruhi pembuluh darah dan suplai darah ke otak)
– Fibrosis kistik
– Hipertensi atau tekanan darah tinggi

– Keadaan immunocompromised (sistem kekebalan yang lemah)
– Kondisi neurologis, seperti demensia
– Penyakit hati
– Kegemukan (BMI atau indeks massa tubuh lebih dari 25)

– Kehamilan
– Fibrosis paru (memiliki jaringan paru-paru yang rusak atau terluka)
– Thalassemia
– Diabetes melitus tipe 1

 

(naf; kna; Nafilah  Sri Sagita K;  Bahan dari  : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5207800/cdc-ungkap-satu-lagi-kondisi-yang-picu-infeksi-covid-19-menjadi-fatal)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close