Kesehatan

Penggunaan Ponsel malam hari

Semua orang rasanya tak lepas dari ponsel. Mereka bawa ponsel ke kamar tidur hingga larut malam. Padahal ber-ponsel jelang tidur, berdampak negatif bagi kesehatan Anda. Sebaiknya tinggalkan kebiasaan buruk ini. Berikut ini akibat yang terjadi bila Anda tetap gunakan ponsel di malam hari.

 

1-Membuat susah tidur

Cahaya dari layar ponsel Anda mengakibatkan otak memproduksi sedikit melatonin. Padahal melatonin dapat membuat Anda merasa mengantuk dan mengatur siklus tidur Anda. Hal ini membuat Anda susah tidur dan akhirnya tetap terjaga hingga larut malam.

 

2-Dapat mmengakibatkan depresi

Hasil penelitian, orang yang menggunakan ponsel hingga larut malam, sangat rentan mengalami depresi. Selain itu juga dapat mengganggu suasana hati dan membuat seseorang menjadi lebih tempramental.

 

3-Menyebabkan ketegangan mata

Setelah seharian menatap layar komputer di kantor, mata Anda butuh waktu beristirahat. Untuk mencegah terjadinya sakit kepala, mata kering, dan penglihatan kabur, sebaiknya istirahatkanlah mata Anda di malam hari.

 

4-Paparan Radiasi

Meski belum ada penelitian yang pasti mengenai dampak radiasi ponsel terhadap otak, sebaiknya batasi paparan Anda terhadap radiasi ponsel. Simpanlah ponsel minimal 15 meter dari posisi Anda berbaring.

 

5-Memiliki banyak bakteri

Sama halnya dengan remote tv dan dudukan toilet, ponsel merupakan salah satu benda yang banyak bakteri. Membawanya ke kamar tidur, bahkan hingga ke tempat tidur, sama hal nya dengan memaparkan lebih banyak bakteri ke kamar tidur Anda.

 

Padahal kamar tidur yang bersih dapat meningkatkan kenyamanan dan membuat Anda lebih mudah untuk tertidur lelap. (Rianti Fajar; http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/5-akibat-penggunaan-ponsel-di-malam-hari.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close