Kesehatan

Kulit Ruam Gejala Covid-19 Yang Dialami Dewi Persik

(health.detik.com)-JAKARTA; Dewi Persik  pernah terinfeksi virus COVID-19. Lewat Instagram, ia ceritakan gejala yang dialaminya yakni ruam kemerahan di permukaan kulit.

 

Ruam itu muncul  di wajahnya. Meski banyak yang simpati, tidak sedikit pula yang menganggap kaitan ruam kulit dengan gejala COVID-19 itu mengada-ada.

 

Benarkah COVID-19 bisa memicu ruam kulit? Dokter kulit dari DNI Skin Centre, Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK(K), FINSDV, FAADV menjelaskan hubungannya

 

Menurut dr Darma, ruam akibat COVID-19 tidak spesifik sehingga sulit dibedakan dengan ruam pada umumnya. Namun pemeriksaan epidemologis bisa mengungkap kaitannya dengan COVID-19, antara lain riwayat berkerumun atau kontak dengan pasien positif.

 

Seberapa sering ruam muncul pada pasien COVID-19? Menurut dr Darma, sudah ada beberapa kasus yang dilaporkan dan didiskusikan di forum ilmiah. Meski demikian, gejala ini masih relatif baru.

 

“Kemungkinan muncul ruam pada pasien covid itu bervariasi resikonya sekitar 0,2-20 persen,” jelasnya.

Mungkin nggak sih karena alergi obat?

 

Kemungkinan alergi obat bisa ditelusur karena pasien dengan riwayat alergi obat umumnya punya catatan, dan dokter akan menghindari obat yang memicu alergi. Selain itu, pemeriksaan rapid test atau PCR akan mengkonfirmasi penyebabnya, apakah alergi atau gejala COVID-19. “Jika karena alergi obat tentu hasilnya akan non reaktif,” jelas dr Darma.

 

(up/up; Zintan Prihatini;  Bahan dari  : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5311857/kata-dokter-kulit-soal-ruam-gejala-covid-19-yang-dialami-dewi-perssik )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close