Kesehatan

Selain di dada ini ciri lain Jantung bermasalah

Umumnya, berbagai penyakit yang menyerang jantung : Penyakit jantung koroner (PJK) atau gagal jantung disebabkan faktor berbeda dan menunjukkan gejala berbeda pula, demikian ungkap kompas.com. Karena menyangkut organ tubuh yang sama, biasanya masalah jantung menunjukkan ciri2  umum.

 

Ada baiknya Anda tahu jenis penyakit2 berkaitan dengan organ vital itu. Mengenali jenisnya membantu Anda ambil keputusan / segera cari penanganan terbaik. Penanganan gejala penyakit jantung pada waktu tepat dapat mengurangi risiko kematian dan meningkatkan peluang sembuh dan pulih kembali.

 

Serangan jantung

Serangan jantung itu kondisi ketika aliran darah yang kaya oksigen tiba2 terhambat ke otot jantung sehingga jantung tidak dapat oksigen. Jika aliran darah tidak dipulihkan segera, bagian otot jantung mulai mati. Gejala serangan jantung yang biasa  : Berkeringat, napas pendek, denyut nadi cepat atau tidak beraturan, serta mual.

 

Aritmia

Aritmia, kelainan jantung ditandai detak atau ritme tidak normal, bisa terlalu cepat, terlalu pelan, atau tidak teratur. Aritmia terjadi bila impuls elektrik tidak berfungsi. Gejalanya : Detak jantung lambat atau cepat, debaran di dada, nyeri dada, sesak napas, pusing, berkeringat, pingsan, palpitasi (detak jantung seperti terlewat dan berdebar), hentakan dada, sesak napas, nyeri dada hingga kelelahan.

 

Fibrilasi atrium

Atrial fibrillation (fibrilasi atrium) itu jenis aritmia tersering. Kondisi ruang jantung bawah atau ventrikel memompa lebih cepat dari normal ini menyebabkan detak jantung tidak teratur, seperti hilang timbul atau tidak kunjung menghilang.

 

Jika tidak tertangani, risiko komplikasi seperti stroke, serangan jantung atau gagal jantung bertambah besar. Gejala fibrilasi atrium antara lain palpitasi (jantung berdebar), sesak, lemas yang sangat, nyeri dada, pusing atau pingsan, lemas, dan jadi linglung.

 

Penyakit katup jantung

Penyakit katup jantung adalah kondisi salah satu atau katup2 jantung tak berfungsi semestinya. Kerusakan katup jantung menyebabkan gangguan2 jantung lain, seperti hipertensi dan gagal jantung.

 

Gejalanya : Sesak napas, palpitasi, kelelahan, rasa nyeri dan tidak nyaman di dada, pusing, pingsan, sakit kepala, batuk, berat badan meningkat cepat, dan pembengkakan pergelangan kaki, kaki, atau perut.

 

Gagal jantung

Gagal jantung menggambarkan jantung yang tidak berfungsi baik dan tidak memompa darah ke seluruh tubuh secara efisien. Akibatnya darah lebih lambat bergerak ke tubuh. Akibatnya, terjadi penebalan pada bilik jantung. Makin lama, otot jantung melemah. Gejalanya : Sesak napas saat beraktivitas atau istirahat, kelelahan ekstrem, dan pembengkakan kaki, pergelangan kaki, perut, atau punggung bawah.

 

Perikarditis

Perikarditis, pembengkakan dan iritasi pericardium yaitu selaput kantung di jantung yang berfungsi menahan jantung di tempatnya. Peradangan ini berakibat luka dan penebalan perikardium, sehingga jantung mengerut. Ini menyebabkan komplikasi lain : Berkurangnya aliran darah dari jantung hingga menyebabkan kematian. Gejala penyakit ini : Nyeri dada, demam, jantung berdebar, dan sesak napas.

 

Umumnya, ada satu tanda jantung bermasalah yang dialami, yaitu nyeri dada (disebut angina). Sakit atau nyeri pada dada terjadi ketika muncul rasa sakit yang bikin tidak nyaman, berat, seperti tertekan, terbakar, terasa penuh, dan nyeri yang tak tertahankan.

 

Selain dada, kadang terasa pada bahu, lengan, leher, tenggorokan, rahang, punggung. Hampir semua gejala penyakit jantung ditandai nyeri dada. Jadi, Anda perlu hati2 jika dada tertekan dan sakit. Namun, gejala penyakit jantung dapat terjadi tanpa sakit pada dada. Gejala yang umum terjadi adalah:

 

1)-Berkeringat terlalu banyak

2)-Kesulitan bernapas

3)-Mudah lemas dan tidak bertenaga

 

Jika Anda rasakan satu atau lebih tanda jantung bermasalah di atas, segera cari bantuan medis. Makin cepat gejala penyakit ini ditangani, maka makin cepat peluang pulih dan terhindar dari komplikasi yang berbahaya. (Wisnubrata; Hello sehat; bahan :  (http://lifestyle.kompas.com/read/2017/10/09/143500520/tak-cuma-nyeri-dada-ini-ciri-ciri-lain-tanda-jantung-bermasalah)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close