Kesehatan

20 Tips Hindari Kenaikan Berat Badan Saat Liburan(1/3)

 (lifestyle.sindonews.com)-JAKARTA; Musim liburan, tentu Anda senang, bukan? Tapi, jangan sampai berat badan naik gara-gara tak bisa menjaga pola makan selama libur panjang. Suka cita menyambut musim liburan, kerap terselip kekhawatiran soal kenaikan berat badan yang tak bisa dikontrol.

 

Bagaimana tidak? Masa libur biasanya dimanfaatkan orang-orang untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan buat mereka, salah satunya berwisata kuliner atau makan bersama keluarga dan teman.

Sebuah studi menyebutkan di belahan dunia Barat, sepanjang November hingga Januari rata-rata kenaikan berat badan yang dialami  orang dewasa bisa 0,5 kg. Angka ini tidak besar, tapi biasanya kenaikan itu tak dibarengi penurunan bobot sehingga berpeluang menjadi salah satu penyumbang terbesar bagi kenaikan berat badan tahunan Anda.

 

1-Lakukan banyak kegiatan bersama keluarga dan teman

Liburan umumnya kita lebih sering menghabiskan waktu duduk lama di sofa menonton TV. Aktivitas seperti ini berpotensi membuat berat badan naik karena tubuh jadi kurang bergerak. Apalagi kalau dibarengi makan camilan.

 

Makan sambil nonton TV membuat kita tak bisa mengontrol jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Banyak beraktivitas fisik sangat disarankan. Misal jalan pagi dengan keluarga. Kegiatan ini dapat mengalihkan keinginan untuk makan terus, di samping bonding kita dengan keluarga juga akan semakin kuat.

 

2-Bijak dalam mengkonsumsi Snack

Selama liburan, snack atau makanan ringan banyak dijual di luaran. Bahaya kalau Anda tak mengontrol keinginan untuk nyemil saat jalan-jalan. Anda makan bukan karena lapar, tapi lapar mata saja. Kalau di rumah, masalah ini bisa diatasi dengan cara menyembunyikan snack agar tak terlihat. Hanya, bagaimana dengan di tempat kerja atau saat Anda menghadiri pesta keluarga?

 

Keinginan nyemil juga sulit dihindari. Kalau Anda lapar dan butuh snack, pilih yang sehat seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan. Pokoknya yang tidak banyak mengandung gula serta lemak.

 

3-Perhatikan porsi makan Anda

Musim liburan itu enak karena biasanya makanan berlimpah. Tapi, kalau Anda tak bisa mengontrol asupan, tentu bobot akan naik. Jadi, untuk menyiasatinya, ambil makanan dalam porsi sedikit dan dengan piring yang kecil.

 

(tsa; Titi Sutinah Apridawaty; Bahan dari : https://lifestyle.sindonews.com/read/1478233/155/20-tips-hindari-kenaikan-bobot-saat-musim-liburan-1577098909)-FatchurR * Bersambung……..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close