Kesehatan

Menaikkan Hemoglobin-HB

Seorang sahabat YAS bertanya melalui milis FB ILP : “Ada yg tau cara cepat menaikkan Hb darah gak sie? minimal bisa dititik 13 dah..biar bs lolos lek donor darah..masa tiap ada event ditolak terus gara2 cm 12 at 11..kn jd sedih”; Monggo silahkan nikmati sajian berikut ini

 

Hemoglobin adalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu, hemoglobin juga memainkan peran penting dalam mempertahankan bentuk sel darah merah.

Penurunan jumlah sel darah merah adalah masalah serius yang dapat menjadi tanda anemia, infeksi, atau pendarahan. Mengingat fungsi-tugas hemoglobin sangat vital, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga hemoglobin tetap sehat. Caranya mudah dan sederhana, yakni dengan mengonsumsi makanan berikut ini, seperti yang dipaparkan dalam laman healthmeup:

* Daging merah: Meski belakangan ini daging merah kerap mendapat reputasi buruk. Tetapi makanan kaya zat besi ini dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah Anda. Daging merah tinggi zat besi heme, dapat mudah diserap tubuh. Tapi ingat, konsumsi daging merah secara berlebihan dapat memicu perkembangan penyakit jantung. Diet seimbang adalah kuncinya.

* Sayuran : Beetroot, bayam, kacang polong, kubis, lobak, kentang dan kembang kol adalah sayuran sekaligus obat alami untuk meningkatkan jumlah darah, ia memiliki kemampuan untuk regenerasi zat besi dan mengaktifkan sel-sel darah merah, memasok oksigen segar ke darah.

* Buah-buahan : Buah-buahan seperti kismis, plum, buah ara kering, aprikot, apel, anggur dan semangka tidak hanya membantu sel-sel darah merah mengalir tetapi juga meningkatkan jumlah darah. Bahkan, aneka produk buah jeruk juga dipercaya mampu untuk memikat zat besi.

* Kacang: Hampir semua kacang mengandungan zat besi, meski ada beberapa jenis kacang tidak memilikinya. Dari semua jenis kacan, kacang almond merupakan jenis yang mengandung zat besi paling tinggi. Satu ons almond setiap hari menyediakan sedikitnya 6 persen dari kebutuhan zat besi.

* Roti, Pasta, Sereal: Periksalah label pada kemasan roti gandum, pasta, dan sereal yang Anda beli. Setiap paket harus mengandung 20 persen atau lebih dari nilai harian asupan zat besi. Gandum menawarkan banyak manfaat kesehatan yang setiap orang harus mencoba memasukkannya ke dalam diet sehari-hari, karena kandungan zat besi yang tinggi di dalamnya. (Sumber : healthmeup.com; Editor : Asep; Candra; http://health.kompas.com/read/2012/03/16/15060319/5.Makanan.Peningkat.Hemoglobin)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close