KesehatanSerba Serbi

Mitos “Belum Lima Menit”

Seringkah anda dengar atau mengucap kalimat “belum 5 menit” Apakah makanan itu aman dikonsumsi? Banyak orang percaya kuman butuh waktu berkontaminasi dengan makanan yang jatuh.

Bagi orang Indonesia, setelah 5 menit mikroba baru dapat menyebar sempurna. Namun di Amerika, hal ini dikenal dengan istilah five-second rule. Makanya, jika makanan yang jatuh langsung diambil, makanan tersebut dianggap ‘belum kotor’.

Apa yang sebenarnya terjadi?
Lantai adalah sarangnya bakteri, virus, dan jamur yang dapat menimbulkan penyakit. Kuman ini ada di permukaan manapun, mulai dari toilet umum hingga lantai dapur yang Anda anggap bersih. Penyakit yang timbul bisa rbmacam, dari sakit perut hingga anthrax, TBC, typhus, kusta, dan pes.

Mengapa orang menganggap makanan yang jatuh aman dikonsumsi jika langsung dipungut? Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa bersalah karena telah membuang makanan. Padahal banyak orang kelaparan di belahan dunia lain.

Selain itu, aturan “belum lima menit” ini seperti jadi bagian budaya masyarakat. Padahal aturan seperti itu mitos dan kebiasaan yang memasyarakat dalam kehidupan. Perlu diketahui bakteri dapat menempel pada makanan yang jatuh ke lantai bahkan ketika kita mengambilnya dengan sangat cepat. Jika bakteri yang menempel pada makanan itu cukup berbahaya, kita bisa langsung sakit karenanya.  Anda masih ingin mengkonsumsi makanannya ? Itu pilihan anda. (Suhirto M)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close