Selingan

Perayaan Natal Di Berbagai Kota Di Indonesia(2/3)

(shopback.co.id)- 3-Meriam Bambu di Flores

Petasan selalu hadir di tiap perayaan-perayaan besar mulai dari Lebaran, tahun baru, sampai Natal. Malam Natal di Flores juga diramaikan dengan suara dentuman meriam yang mirip dengan petasan.

 

Berdasrkan budaya Manggarai dan Flores dentuman dipergunakan sebagai pemberitahuan untuk sebuah kemalangan. Namin saat ini dentuman meriam di malam Natal mengungkapkan kegembirian atas kelahiran Yesus Kristus. Selain meriam bambu, Natal dirayakan juga dirayakan dengan kompetisi membuat Kandang Natal.

 

4-Kunci taon di Manado

Biasanya perayaan Natal baru mulai dirayakan tanggal 24 Desember namun di Manado ada yang berbeda. Natal di Manado dirayakan lebih dahulu. Sejak tanggal 1 Desember ibadah pra-Natal sudah dilaksanakan di gereja-gerja.

 

Selain ibadah Natal, perayaan ini juga dihiasi dengan tradisi ziarah ke kuburan para kerabat dan makan bersama di sana. Tak jarang warga Manado memberikan hiasan lampu hias di kuburan para kerabatnya.

 

Puncak dari perayaan Natal di Manado biasanya jatuh di Minggu pertama Januari. Tradisi yang disebut dengan kunci taon akan menjadi penutup perayaan Natal di Manado. Biasanya di tradisi kunci taon ini warga melakukan pawai keliling dengan berbagai kostum yang lucu.

 

5-Rabo rabo di Jakarta

Mungkin kamu yang tinggal di Jakarta juga belum mengetahui perayaan Natal Rabo-rabo. Perayaan Natal ini berlangsung di Kampung Tugu, Cilincing, Jakarta Utara. Rabo-rabo disebut-sebut sebagai tradisi yang sudah dilakukan sejak ratusan tahun-2017.

 

Tradisi ini berasal dari peninggalan orang Portugis, setelah selesai ibadah di geraja beberapa orang akan saling berkunjung ke rumah tetangga sambil diiringi musik.

 

Di penghujung acara setiap orang akan diberikan bedak warna-warni. Biasanya setiap orang mukanya akan dipenuhi dengan bedak warna-warni. Bedak ini menyimbolkan bentuk penebusan dosa dan saling memaafkan di penghujung tahun yang akan berlalu.

 

(Bahan dari : https://www.shopback.co.id/blog/perayaan-natal-di-indonesia)-FatchurR * Bersambung……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close