Kesehatan

Antioksidan Jaga Imun Tubuh Hingga Cegah Kanker

(cnnindonesia.com)-Jakarta, Istilah ‘antioksidan’ kerap disebut tiap kali bicara Kesehatan Wajar saja, Antioksidan yang kaya manfaat berperan penting menjaga kesehatan tubuh keseluruhan.

Fungsi utama antioksidan itu melawan atau memperlambat kerusakan sel yang diakibatkan paparan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dalam konsentrasi tinggi bisa memicu berkembangnya sejumlah penyakit.

Mengutip situs kesehatan Healthline tubuh memiliki pertahanan antioksidan  untuk menjaga radikal bebas tetap terkontrol. Selain itu, antioksidan juga ditemukan dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Beberapa vitamin seperti E dan C juga disebut antioksidan yang efektif melindungi tubuh.

 

Manfaat Antioksidan

Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan paparan radikal bebas. Kerusakan sel ini dikenal dengan istilah stres oksidatif.

Kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif kerap dikaitkan dengan kanker, jantung, dan penyakit kronis lainnya. Asupan antioksidan dapat menurunkan risiko itu. Berikut manfaat antioksidan, mengutip berbagai sumber.

 

1-Menjaga kesehatan pembuluh darah

Antioksidan jenis antosianin diketahui dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Mengutip Everyday Health antosianin banyak ditemukan dalam buah dan sayuran warna biru dan ungu.

 

2-Mengurangi peradangan

Antioksidan jenis resveratrol terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, mencegah jenis kanker tertentu, dan mengurangi peradangan secara keseluruhan. Jenis antioksidan ini ditemukan dalam cokelat gelap, anggur, dan kacang tanah.

 

3-Menjaga kesehatan tulang

Antioksidan juga mampu meningkatkan kesehatan tulang Anda serta mengurangi peradangan pada persendian. Manfaat ini ditemukan dalam isoflavon yang umumnya ada pada kacang kedelai.

 

4-Menjaga kesehatan prostat

Antioksidan jenis likopen diketahui dapat menjaga kesehatan prostat. Likopen banyak ditemukan dalam tomat, jeruk Bali, semangka, dan paprika merah.

 

5-Menjaga daya tahan tubuh

Antioksidan dapat menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh berjalan baik. Penelitian bertajuk ”Effects of Dietary Antioxidants on the Immune of Middle Functionaged Adults” menemukan diet kaya nutrisi antioksidan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan dapat memodifikasi respons imun yang dimediasi sel pada individu yang lebih muda.

 

6-Mencegah penuaan dan menjaga kulit tetap sehat

Antioksidan itu jenis perawatan kulit yang efektif. Salah satunya mencegah penuaan pada kulit. Radikal bebas sebagai salah satu penyebab penuaan pada kulit. Antioksidan hadir mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas.

Beragam manfaat kesehatan di atas bisa didapat dengan asupan antioksidan yang memadai. Strategi terbaik mendapatkan antioksidan harian dari makanan nabati seperti buah dan sayuran.

 

(asr;  Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200605090921-255-510094/manfaat-antioksidan-jaga-imun-tubuh-hingga-cegah-kanker)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close