Kesehatan

Penyebab Tumit Pecah Pecah

(1health.id)-Kaki anggota tubuh yang digunakan tiap hari dan mungkin juga senang menggunakan alas kaki berbeda. Mulai dari sepatu tertutup hingga sandal yang terbuka. Saat pakai alas kaki terbuka, bisa jadi Anda baru sadar kulit tumit kaki Anda pecah-pecah.

 

Hal itu tentu  mengganggu kenyamanan dan rasa percaya diri. Ada hal2 yang dapat menyebabkan tumit kaki pecah-pecah, di antaranya adalah:

 

1-Infeksi jamur

Penyebab tersering terjadi saat kulit kaki pecah2 adalah karena infeksi jamur. Kaki pecah2 seringkali tidak menimbulkan rasa nyeri atau gatal, sehingga seringkali tidak disadari adanya infeksi jamur. Yang sebaiknya Anda lakukan adalah selalu mencuci kaki setiap selesai beraktivitas.

 

2-Keringat Berlebih

Keringat berlebih dan lingkungan lembap dapat menyebabkan kaki pecah2. Apalagi bagi Anda yang hobi ber-OR di ruangan. Anda yang sering berolahraga di pusat kebugaran atau studio yoga perlu menyadari risiko ini. Segera lepas alas kaki Anda tiap selesai ber-OR dan cuci kaki hingga bersih lalu keringkan.

 

3-Sepatu terbuka

Penggunaan sepatu terbuka bisa menyebabkan tumit kaki pecah2. Sepatu terbuka akan menyebabkan banyak gesekan pada kaki Anda, sehingga berakhir pecah2. Sandal jepit juga dapat berdampak sama. Sebaiknya Anda batasi penggunaan alas kaki terbuka. Gunakanlah sepatu tertutup namun pastikan Anda juga menggunakan kaos kaki yang dapat menyerap keringat.

 

4-Terbakar matahari

Saat beraktivitas di luar ruangan, kebanyakan orang hanya memberi tabir surya di wajah dan tubuh saja. Kaki apalagi bagian tumit sering terabaikan. Padahal sinar matahari berlebih juga dapat membuat kulit tumit kaki kering dan pecah-pecah.

 

5-Dehidrasi

Selain membuat lemas, dehidrasi dapat berdampak pada kulit. Bila Anda tidak mencukupi kebutuhan cairan, maka kulit di tubuh bisa kering dan mengelupas, termasuk kulit pada tumit kaki. Konsumsilah air putih minimal 8 gelas sehari. Selain itu Anda juga dapat menambah cairan dengan mengosumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti jeruk dan semangka.

(Article By Rianti Fajar; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/ini-5-penyebab-tumit-pecah-pecah.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close