TELKOMGrup dan SEKAR

Smart City Nasional Tingkatkan Mutu Adopsi Smart City Bekasi

(indotelko.com)-JAKARTA; Platform Smart City Nusantara (SCN) siap meningkatkan mutu adopsi konsep smart city di Bekasi.

 

“Kami berharap platform SCN jadi salah satu solusi terciptanya pelayanan publik yang efektif dan bersih, khususnya di Kota Bekasi,” ungkap Walikota Bekasi, Dr. H. Rahmat Effendi saat ke Living Lab SCN didampingi oleh Account Manager Telkom Regional 2, Gusti Ayu, belum lama ini.

 

Kota Bekasi, yang dikenal sebagai Kota Patriot, salah satu kota di Indonesia yang menerapkan konsep smart city sejak 2016 dengan menghadirkan aplikasi Sorot yang terintegrasi dengan Command Center. Melalui situs webnya, Bekasi menunjukkan penerapan solusi aplikasi smart city eksisting fokus pada sektor manajemen pemerintahan, partisipasi masyarakat, dan sumber daya dan aset daerah.

 

Setidaknya ada 9 produk aplikasi yang dikembangkan Pemkot Bekasi hingga saat ini, di antaranya Sorot, Command Center, Aplikasi Absensi, Sikerja, Aplikasi RapoRT RW, SILAT, POT, Bekasi Iconic, dan SIAP.

 

Pada 2017, Kota Bekasi masuk dalam Program Gerakan Menuju 100 Smart City. Pada 2018, Kota Bekasi kembali menorehkan prestasi pada ajang The 3rd Indonesia Smart Nation Award (ISNA).

 

Menurut SM SCN Wahyudi tantangan yang dihadapi kota saat ini makin kompleks, terlebih makin meningkatnya pertambahan penduduk yang jadi salah satu pemicu munculnya permasalahan ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan.

 

Di sisi lain, seiring pesatnya teknologi, warga menuntut pelayanan makin maksimal dari penyelenggara pemkot, sementara sumber daya yang dimiliki sering tidak memadai. “Karenanya, penerapan pengelolaan kota berbasis pemanfaatan sumber daya dan teknologi dalam konsep smart city atau kota pintar dianggap alternatif solusi menjawab tantangan tersebut,” katanya.

 

Living Lab SCN itu experience center yang dikembangkan Telkom untuk sharing dan diskusi perihal implementasi dan solusi smart city. Living Lab SCN terbuka bagi seluruh stakeholder smart city untuk datang berkunjung, berdiskusi, dan melihat langsung berbagai solusi smart city yang ada.

 

Saat ini hadir 68 prototype dan demo solusi yang dikembangkan Telkom Group sebagai solusi yang diyakini dapat mensolusikan masalah2 di perkotaan. Di Living Lab SCN solusi2 ini terbagi 4 kategori sesuai penggunaannya dan di 4 zona yaitu zona smart government, smart industry, smart citizen dan smart infrastructure.

 

Sejak diresmikan pada tahun 2016 telah lebih dari 200 pemerintah daerah telah berkunjung ke Living Lab Smart City Nusantara. (ad; Bahan dari  : https://www.indotelko.com/read/1566614048/smart-city-bekasi)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close