Iptek dan Lingk. Hidup

Selain Melacak Silsilah Ini Beragam Manfaat Tes DNA

(health.detik.com)-JAKARTA; TEST DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) fungsinya tak cuma mengetahui asal muasal leluhur saja. Laporan risiko kesehatan dan rekomendasi gaya hidup yang tepat, semuanya bisa diketahui lewat pemeriksaan DNA.

Susunan DNA tiap individu berbeda, ini membuat kita unik, berbeda satu sama lain. Praktisi Genetika dr Erlin Soedarmo mengatakan, gen kita diturunkan dari ayah-ibu, berupa tampilan fisik dan metabolik. “Setiap DNA terdiri dari jutaan gen. Gen ini mengkode protein yang akan dibentuk. Protein di tubuh bisa berupa hormon dan enzim,” katanya di Four Seasons Hotel, Jakarta, Kamis (15/8/2019). Untuk mengatur strategi gaya hidup sehat, kita harus kenali gen kitai. Berikut manfaat lain tes DNA.

 

1-Kesehatan

Kita bisa melakukan deteksi dini terhadap kesehatan tubuh. Perubahan spesifik pada gen dapat menyebabkan terjadinya penyakit, “Gen bisa bervariasi karena sedikit banyak perubahan sel tergantung situasi saat kehamilan dan gen variasi ini juga bisa diturunkan,” kata dokter Erny.

Dengan kata lain, setiap orang memiliki kecenderungan untuk menurunkan resiko penyakit kepada keluarganya. Contohnya hipertensi, diabetes osteoporosis, dan lain-lain. Dengan melakukan deteksi dini, kita bisa melakukan pencegahan dengan rekomendasi gaya hidup yang tepat.

 

2-Mengetahui jenis kulit dan kelainannya

Melalui tes DNA, kita tahu jenis kulit. Termasuk tipe kering atau berminyak. Kita juga bisa tahu resiko jenis2 kelainan kulit seperti, jerawat, selulit, kerutan, degradasi kolagen, stretch marks, dll. Dengan tahu resikonya, kita direkomendasikan gaya hidup, seperti memenuhi asupan vitamin B12, B6, D, dan E yang baik untuk kulit.

 

3-Nutrisi dan diet

Lewat pemeriksaan DNA, kita bisa tahu jenis makanan yang berpengaruh besar pada berat badan. Contohnya, seberapa besar pengaruh karbohidrat, lemak dan protein yang kita konsumsi. Dengan mengetahuinya, kita bisa menentukan diet dan OR yang tepat untuk mencegah obesitas.

dr Jesica dari Genetics Indonesia mengatakan, ada orang yang makannya sedikit tapi tetap gemuk. Hal itu diatur oleh genetik kita. “Jadi genetik kita ini mempengaruhi hormon Hormon yang mengatur rasa lapar dan rasa kenyang,” katanya.

 

4-Performa olah raga

Informasi tentang OR yang cocok untuk kita bisa diketahui saat tes DNA. Ini akan lebih efektif untuk program penurunan berat badan. Karena ada beberapa orang yang melakukan olahraga berat, tapi berat badannya tetap sama. Ternyata hal ini dipengaruhi oleh gen kita.

Selain itu, lewat pemeriksaan ini kita juga bisa tahu tentang risiko cedera pada tubuh dan berapa lama pemulihan yang diperlukan. (up/up; Kintan Nabila; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4667863/tak-cuma-buat-melacak-silsilah-ini-beragam-manfaat-lain-tes-dna)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close