Iptek dan Lingk. HidupTELKOMGrup dan SEKAR

Gandeng Telkom-Pos-BTN resmikan laku pandai

PT Bank Tabungan Negara (BTN) meresmikan layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka inklusi keuangan (Laku Pandai) di Palangkaraya, Kalteng. Untuk mengukuhkan layanan, perseroan menggandeng PT Pos Indonesia dan Telkom guna memasarkan Tabungan BTN Mencerdaskan Masyarakat (Tabungan BTN Cermat) Laku Pandai.

Dirut Bank BTN Maryono mengatakan, Tabungan BTN Cermat merupakan hasil kerja sama antara perseroan dengan Pos Indonesia yang diluncurkan di Jateng sejak 2011. Produk ini berbasis kartu, tidak memiliki buku tabungan, dan pembukaan tabungan melalui mesin electronic data capture (EDC). Sebab, produk ini dibuat dengan harapan menjangkau masyarakat berpenghasilan US$ 2 per hari hingga ke pelosok desa.

Pada April 2015, manajemen BTN dan Pos Indonesia sepakat menjadikan Tabungan BTN Cermat sebagai produk Laku Pandai terkait persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kepada BTN pada program itu. “Sebagai wujud komitmen kami untuk mendukung program OJK, BTN meluncurkan Tabungan Cermat Laku Pandai pertama kali di Kantor Pos Cabang Tangkiling, Palangkaraya,” ujar dia Senin, (25/5).

Menurut Maryono, untuk meningkatkan penetrasi kepada nasabah, perseroan tengah mengkaji kerja sama dengan tujuh agen utama Pos Indonesia yang memiliki jaringan 29.000 agen pospay di seluruh Indonesia.

Sampai akhir tahun ini, Tabungan BTN Cermat ditargetkan dapat dilayani oleh 15.000 agen pospay seluruh Tanah Air. “Di sisi lain, perseroan juga menargetkan Tabungan BTN Cermat Laku Pandai dapat dilayani di 1.044 kantor pos pada akhir 2015 dan menjadi 1.878 pada 2016,” ungkap dia.

Selain Pos Indonesia, perseroan juga menggandeng Telkom. Oleh karena itu, BTN akan meluncurkan produk tabungan berbasis telepon selular menggunakan sistem unstructured supplementary service data (USSD) dalam waktu dekat.

Maryono mengatakan, perseroan memasang target produk berbasis ponsel ini dapat dilayani oleh 15.000 agen pada akhir 2015. “Dengan program ini kami optimitis dapat meningkatkan dana pihak ketiga (DPK) BTN akan surplus sebesar Rp 3 triliun,” papar dia.

Menurut Maryono, pengukuhan Tabungan BTN Cermat Laku Pandai di Kantor Pos Tangkiling bersamaan dengan pengukuhan di 25 kantor pos yang tersebar di Palangkaraya, Sampit dan Banjarmasin. Selain itu, BTN akan memberikan layanan produk itu di 544 kantor pos Prop Jateng dan DIY yang sudah tersedia EDC. (http://www.telkom.co.id/gandeng-telkom-dan-pos-btn-resmikan-layanan-laku-pandai.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close