Kesehatan

Penuaan sudah mulai saat usia ini

Jakarta-Bertambahnya usia, seseorang mengalami penuaan. Di usia berapa mereka mengalami penuaan? “Tanpa disadari, penuaan terjadi saat seseorang memasuki usia 20. Tapi selama ini, sering dikira penuaan terjadi pas usia 40 – 50-an” kata dr Susie Rendra, SpKK dari RS Pondok Indah – Puri Indah.

Tanda penuaan sudah mulai terjadi misalnya saja garis senyum yang mulai kendur dan menurun, wajah yang tak lagi berbentuk V-shape, dan munculnya lebih banyak kerutan di dahi ketika alis diangkat.

Untuk itu, dr Susie mengingatkan pentingnya melakukan perawatan memperlambat penuaan. Misal  memakai tabir surya, membersihkan wajah rutin tiap hari, dan menjalani bentuk terapi2. Demikian disampaikan dr Susie dalam temu media di Fairmont Hotel, Senayan, Jakarta, Senin (13/6/2016).

Ia menambahkan, proses penuaan yang merupakan suatu proses yang terjadi secara perlahan dan memengaruhi semua organ dan tubuh dapat terjadi akibat faktor intrinsik dan ekstrinksik.

“Faktor instrinsik adalah faktor alami yang tidak dapat dicegah dan hanya berpengaruh sebesar 10 persen, sedangkan faktor ekstrinsik sangat berpengaruh pada proses penuaan,” ungkap dokter lulusan Universitas Indonesia ini.

dr Susie menjabarkan, paparan sinar matahari, stres, gaya hidup seperti merokok, kurang tidur, minum alkohol dan mengonsumsi gula merupakan faktor ekstrinsik yang mempengaruhi penuaan. (rdn/vit; Puti Aini Yasmin; https://health.detik.com/read/2016/06/14/080509/3232515/763/tanpa-disadari-penuaan-sudah-mulai-terjadi-saat-memasuki-usia-ini)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close