Kesehatan

Sehari duduk 10 jam sel tubuh menua 8 tahun

Jakarta-Tuntutan kerja memaksa orang kantoran menghabiskan mayoritas waktunya duduk seharian. Ini membuat umur metabolik menua hingga 8 tahun lebih cepat. Ini terungkap dari penelitian di California University di San Diego, melibatkan 1.400 perempuan usia 64 – 95 tahun. Ini dipublikasikan di American Journal of Epidemiology.

Hasilnya menunjukkan duduk 10 jam sehari ditambah dengan kurang aktivitas fisik membuat sel-sel tubuh menua lebih cepat. Dikutip dari news.com.au, mereka yang ber-OR kurang dari 40 menit sehari mengalami dampak paling besar.

 

Dalam penelitian itu, para perempuan yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk memiliki telomere yang lebih pendek. Telomere merupakan bagian dari DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) yang pendek sering dikaitkan dengan umur juga lebih pendek.

Berbagai penelitian sebelumnya mengaitkan telomere pendek dengan risiko penyakit mematikan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, dan kanker-kanker serius. Memendeknya telomere bisa terjadi akibat pengaruh gaya hidup, seperti kegemukan dan kurang OR.

World Health Organization (WHO) merekomendasikan OR dengan intensitas 150 menit tiap pekan, atau ± 30 menit/ hari. Bagi yang banyak duduk, dianjurkan sering2 meluangkan waktu bergerak atau beraktivitas fisik ringan misalnya ber-jalan2. (up/vit; AN Uyung Pramudiarja; https://health.detik.com/read/2017/01/20/132721/3401192/763/duduk-10-jam-sehari-bikin-sel-tubuh-menua-8-tahun-lebih-cepat)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close