Selingan

Siswa MAN sabet juara Robot di luar negeri

Dream-Madrasah makin membuat harum nama bangsa di dunia. Kebanggaan itu dari tiga siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Probolinggo, Jatim, menang di ajang robot dunia. Mereka :  M. Kealvin Al Akbari, Muhammad Rois Amin, ke-2nya kelas XI dan Rifqy Taufiq Aprilianto kelas X.

 

Ke-3nya juara di dua ajang bersamaan, Robot Intelligent Contest (RIC) Singapura dan International Robotic Training and Competition (IRTC) Malaysia awal 2017. Di ajang RIC Singapura 18/1/17, ketiganya meraih medali emas dan perak. Raihan itu mendudukkannya pada posisi ke 4 jajaran para pemenang.

 

Kepala MAN 2 Kota Probolinggo, M. Alfan Makmur, mengatakan, di ajang ini, tim robotik madrasah mendesain robot agar dapat memilah barang berdasar warna. Robot yang dilombakan dirancang agar membawa dan meletakkan barang pada tempat yang ditentukan.

 

” Robot yang dirakit ini dilengkapi camera pixy pemilah barang dan sensor garis. Penilaiannya didasarkan pada kecepatan bekerja, banyaknya barang yang dikumpulkan, dan pinalti yang dilakukan,” ujar Alfan, dikutip dari kemenag.go.id, Jumat 20 Januari 2017.

 

Usai ajang itu, di waktu hampir bersamaan, tim ini juga berprestasi di ajang IRTC di Johor Bahru, Malaysia 18-19/1/17. Mereka juara II kategori Robot Micro Line Tracer setelah mampu merakit dan memprogram robot dari awal sesuai tantangan yang ditetapkan.

 

” Untuk event IRTC ini, penilaiannya didasarkan aspek logika logaritma, waktu tempuh robot menuju finish, dan juga aspek retry dan pinalti. Jadi, robot yang cepat sampai finish dan mendapatkan point terbanyaklah yang menang,” kata Alfan.

 

Ketiga siswa itu memboyong tropi, medali, da sertifikat. Meski begitu, pengalaman berkompetisi dengan peserta negara lain akan jadi hadiah tersendiri bagi ketiga siswa ini. (Achmad Baiquni; https://www.dream.co.id/orbit/siswa-man-sabet-juara-kontes-robot-singapura-dan-malaysia-170120h.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close