Kesehatan

Pentingnya Healthy eating Habits pada anak2

Jakarta-Masa pertumbuhan, si kecil butuh asupan nutrisi yang tepat dan seimbang, termasuk porsi buah dan sayuran. Meski begitu, para ortu juga perlu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan anak dan mengasah keterampilan sosialnya dengan memberi stimulasi yang tepat.

Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., mengatakan penelitian2 menyebutkan feeding style atau cara memberi makan yang tepat dapat memegang peranan penting dalam keberhasilan menerapkan healthy eating habit di rumah.

 

“Karena itu penting melibatkan ortu mengenal cara memberikan makan yang tepat kepada anak mereka, feeding style mudah dipraktikkan. Dengan pendekatan menyenangkan, ortu2 jadi bersemangat mempelajari dan mencoba mengajar ke anak2nya,” ujarnya di acara edukasi PAUD Healthy Eating Habit (HEH) SGM Eksplor Buah & Sayur di Bekasi (12/4/17).

Anna menjelaskan, adanya perubahan positif dari ortu saat memberi makan anaknya, diharapkan anak lebih bersemangat makan2an sehat, sehingga si kecil tumbuh sesuai harapan. Perkembangan kognitif, bahasa, emosi dan sosial si kecil juga akan meningkat lewat proses pemberian makan yang tepat.

“Selain pengetahuan manfaat nutrisi seimbang, ortu perlu tahu cara2 agar anak bersemangat makan. Para ortu dapat menerapkan 7 tips agar si kecil semangat makan yaitu Kenalkan anak pada sobat buah dan sayur, ceritakan dongeng makanan, buat si kecil lapar dengan mengajaknya bermain aktif”.

 

“Agar lapar pada jam makan, libatkan si kecil memasak, berikan makanan dalam wadah lucu, tata makanan secara unik, dan lakukan teknik psikologi dengan memberinya proses makan menyenangkan,” tutur Anna. (alv; Iman Firmansyah; https://lifestyle.sindonews.com/read/1197283/155/pentingnya-penerapan-healthy-eating-habits-pada-anak-1492200689)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close