Kesehatan

Sarapan yang bisa pemicu perut kembung

MEMULAI hari dengan perut kembung pasti tidak menyenangkan. Perut kembung di pagi hari bisa terjadi jika Anda mengonsumsi menu sarapan yang salah. Mungkin, Anda tak pernah berpikir menu sarapan harian yang sering Anda konsumsi dapat memicu perut kembung.

 

Berikut adalah beragam jenis sarapan yang dapat membuat perut kembung meski tanpa ada unsur sayur kobis dan sejenisnya.

 

1-Makanan olahan dan berminyak
Jika sarapan Anda dipenuhi dengan banyak keju asin dan daging olahan seperti bacon, sosis atau ham, maka semua sodium yang ada dalam makanan tersebut dapat menyebabkan tubuh memiliki air berlebih dan membuat perut kembung. Jumlah lemak yang tinggi juga penyebab lain perut kembung. Karena, makanan berlemak dicerna pada tingkat yang lebih lambat.

 

2-Segelas besar smoothie
Cairan yang banyak juga dapat memenuhi ruang di perut Anda. Minum smoothie dengan sedotan dapat membuat Anda menelan lebih banyak udara sehingga dapat membuat perut kembung.

 

3-Semangkuk besar buah-buahan
Makan buah-buahan yang berlebihan terutama buah yang manis seperti plum, persik, ceri, apel dan pir dapat memicu perut kembung. Ini karena buah yang manis sarat dengan fruktosa, gula alami pada buah yang dapat mengganggu pencernaan. Bila itu terjadi, bakteri di usus menggerogoti gula dan membuat gas yang bisa membuat perut kembung.

4-Kue yang manis
Muffin, croissant, donat dan sejenisnya penuh dengan karbohidrat olahan yang disimpan tubuh Anda sebagai gula. Seperti garam, gula suka mengambil air untuk membuat perut terasa kembung.

 

5-Pancake atau wafel
Ini seringkali menjadi menu sarapan favorit keluarga terutama anak-anak. Jika wafel atau pancake tidak terbuat dari tepung gandum dan sedikit toping manis, ini akan memberi isyarat pada tubuh untuk menahan air berlebih yang membuat perut terasa kembung. Memberikan tambahan sirup gula juga akan memperburuk perut kembung.

 

6-Bubur dengan susu utuh
Jika susu memberikan tubuh Anda masalah, memasak gandum atau oat dengan susu jelas bukan menu terbaik untuk sarapan Anda. Kesulitan mencerna susu cenderung menyebabkan gas dan kembung terutama jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

 

7-Snack atau wafer biji kedelai
Seperti jenis kacang lainnya, kedelai mengandung oligosakarida, gula yang sulit dicerna dan dapat menyebabkan gas dan kembung. Selain itu, jika Anda mengonsumsi snack atau wafer di pagi hari yang mengandung sedikit pemanis atau tidak berkalori, ini juga akan menambah rasa sakit di perut. (MTVN/OL-2; http://mediaindonesia.com/news/read/101959/menu-sarapan-yang-dapat-memicu-perut-kembung/2017-04-24)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close