Kesehatan

Kulkas hingga Telenan benda paling kotor?

Jakarta-Pastikan Anda rutin jaga kebersihan dapur. Pasalnya, tak hanya menghasilkan makanan yang lezat tapi juga penting menjaga kesehatan Anda. Jika dibiarkan kotor, tanpa disadari dapur akan menjadi sarang kuman dan menyebabkan berbagai macam penyakit.

“Ketika seseorang sakit, dia berpikir ini akibat konsumsi makanan di luar rumah. Padahal, bisa jadi karena kontaminasi bakteri pada makanan di dapur rumah” papar salah satu peneliti dari Drexel University, Amerika Serikat, Jennifer Quinlan.

Agar tetap sehat dan mencegah berkembangnya bakteri, Jennifer menyarankan untuk rutin membersihkan dapur, khususnya empat benda yang paling kotor. Apa saja benda tersebut? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Time.
1-Kulkas
Digunakan menyimpan daging, ikan, ayam dan produk unggas lain. Kulkas menjadi salah satu benda yang berisiko menyebar bakteri. Apalagi jika makanan2 itu tidak disimpan dengan tepat. Agar jumlah bakteri tidak makin banyak, pastikan Anda menjaga suhu di kulkas di bawah empat derajat celcius.
2-Spons pencuci piring
Dari 100 rumah yang disurvei studi ini, 64% sponsnya mengandung bakteri. “Spons itu sumber bakteri. Faktanya, jika menemukan bakteri staph atau fecal coliform di spons, berarti ada juga bakteri itu di area lain di dapur” ujar Jennifer. Agar spons terhindar dari bakteri, sebaiknya panaskan spons dalam microwave. Cara ini dinilai bisa membunuh bakteri patogen di dalam spons.

 

3-Bak pencuci piring
Sebesar 82% bak pencuci piring responden pada survei ini ditemukan kotor dan ada bakteri yang ada pada fases dan ecoli. Parahnya, jumlah bakteri makin banyak jika bak pencuci piring dekat dengan sabun.

 

4-Talenan
Kerap digunakan untuk memotong daging hingga sayuran membuat talenan jadi salah satu benda di dapur terkotor. Jika tidak dibersihkan dan terdapat sisa kotoran di atas talenan, ini memicu berkembang biaknya bakteri. (nfl; Diana Rafikasari; https://lifestyle.sindonews.com/read/1205438/155/hiiikulkas-hingga-talenan-benda-paling-kotor-di-dapur-1494896170)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close