Kesehatan

Tidur dalam 60 detik

Stres sering menghambat orang saat akan istirahat. Akhirnya, Anda jadi kurang tidur dan memperburuk kondisi tubuh. Produktivitas terganggu, dan stres makin memenuhi tubuh. Tidur bisa mengurangi stres. Bila Anda sulit saat akan tidur, coba terapkan tips berikut, sehingga dalam 60 menit, Anda bisa tertidur.

 

Tatap langit-langit selama 60 detik
Posisikan tubuh dengan tidur telentang, tenang dan mata terbuka serta menatap ke langit2 ruangan, lalu perlahan hitung sampai 60. Menatap ke atas menstimulasi sistem saraf parasimpatik yang menurunkan tekanan darah dan memperlambat napas Anda. Dengan menghitung, pikiran tidak akan diganggu oleh hal-hal yang lain, sehingga jadi lebih mudah untuk tidur.

 

Tulis semua masalah dalam buku
Pikiran seseorang yang sedang stres membuat mereka kesulitan mengistirahatkan otak. Dengan menulis semua masalah yang mengganggu pikiran Anda dalam buku sebelum tidur, perlahan Anda bisa memecahkan masalah satu per satu. Saat stres mulai reda, Anda pun akan lebih mudah beristirahat.

 

Fokus pada pernapasan
Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, tahan selama 4 detik lalu perlahan hembuskan napas melalui mulut. Lakukan sebanyak 10 kali. Dengan menarik napas dalam-dalam, detak jantung akan perlahan melambat sehingga merelaksasi tubuh. Dengan memfokuskan diri pada pernapasan membantu diri Anda sendiri, untuk lebih memerhatikan kondisi tubuh dan tidak terganggu oleh hal-hal dari luar.

 

Relaksasi otot
Sebelum merelaksasi, tegangkan seluruh tubuh dari ujung kaki hingga kepala, tahan untuk beberapa detik sebelum melemaskan otot tubuh kembali. Lakukan beberapa kali. Dengan melakukan ini, selain membantu merelaksasi tubuh dengan sempurna, Anda juga bisa menghilangkan kegelisahan yang membuat sulit tidur. (Bebby Sekarsari; http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/tips-tidur-dalam-60-detik-5363.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close