Kesehatan

Lidah berwarna kuning dan penyebabnya

Lidah salah satu organ perasa yang berfungsi sebagai perasa makanan-minuman yang masuk. Untuk mengetahui kondisi kesehatan, kita bisa perhatikan warna lidah kita. Jika warna berubah menjadi tidak normal, mungkin ada kondisi kesehatan terjadi pada tubuh kita.

 

Warna normal pada lidah itu merah muda dengan sedikit warna putih diatasnya. Salah satu perubahan pada lidah jadi berwarna kuning. Hal ini bisa merupakan indikasi bahwa ada kondisi yang kurang baik didalam tubuh sehingga menyebabkan lidah berwarna kuning. Pada kali ini kami akan membahas penyebab lidah berubah warna menjadi kuning. Berikut ini :

 

1-Merokok

Merokok adalah salah satu aktivitas yang dapat merugikan tubuh. Banyak sekali bahan kimia berbahaya yang ada pada rokok dan bahan kimia inilah yang bisa membuat warna lidah menjadi kuning.

 

2-Mengonsumsi obat2an tertentu

Ada antibiotik2 yang dapat mengakibatkan ketidakseimbangan mikroba sehingga membuat ragi atau bakteri dalam mulut berkembang biak. Ragi atau bakteri yang terlalu banyak di mulut akan menumpuk sehingga membuat lidah berubah warna.

 

Obat2an yang mengandung bismut dan Pepto-Bismol juga bisa mempengaruhi perubahan warna lidah hingga menjadi hitam. Selain itu obat untuk diabetes dan sindrom, kemoterapi, dan terapi radiasi bisa mengakibatkan lidah kuning akibat mulut menjadi kering.

 

3-Sakit kuning

Jaundice atau sakit kuning merupakan salah satu kondisi kulit menjadi menguning. Tidak hanya kulit saja, putih mata juga akan berubah. Jaundice ini akibat kerusakan hati yang menyebabkan tidak dapat mengolah zat sisa bilirubin dengan sempurna. Apa itu bilirubin?

 

Bilirubin merupakan pigmen kuning yang dihasilkan ketika rusaknya sel darah merah. Masalah ini juga mempengaruhi lidah sehingga menjadi warna kuning. (Nurul Putri; http://livsehat.id/7-penyebab-lidah-berubah-warna-menjadi-kuning/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close