Psikologi

Memuji bisa memperbaiki perilaku anak

PENELITIAN dibidang parenting menyatakan, memuji ke anak karena berperilaku baik bisa membantu tumbuh kembang emosi dan sosial anak. Itu terbukti anak lebih bahagia. Sifat hiperaktif dan men-cari2 perhatian pun berkurang.

 

Penelitian ini dipresentasikan dikonferensi tahunan British Psychological Society. Peneliti dari De Montfort University, Inggris meneliti 38 ortu yang punya anak usia 2-4 tahun. Para ortu diminta melengkapi kuesioner terkait perilaku dan kebahagiaan anak2nya.

 

Beberapa ortu diberi petunjuk dan kapan memuji anak. Mereka diminta menghitung berapa kali memuji anak dalam sehari. Setelah 4 minggu, ortu yang memuji hingga 5x / hari melihat adanya peningkatan kebahagiaan dalam diri anak2. Menurut orangtua, sikap anak lebih baik, tidak hiperaktif, dan tidak lagi mencari-cari perhatian.

 

“Perilaku dan kebahagiaan anak yang membaik dampak setiap pujian yang diberikan orangtua terhadap sikap positif mereka. Anak merasa orangtua memberikan perhatian terhadap perilaku baik mereka,” ujar Dosen Senior De Montfort University Sue Westwood, seperti dilansir dari Times.

 

Penelitian ini pun menunjukkan bahwa memberikan apresiasi dan pujian kepada anak secara rutin dapat mendekatkan dan meningkatkan rasa cinta antara anak dan orangtua. Sang anak akan terbiasa pula selalu menjaga sikap baik mereka.

 

Peneliti Carole Sutton mengatakan orangtua harus pandai-pandai menangkap momen ketika anak berperilaku baik. Di antaranya seperti berani tidur sendiri, belajar mengendarai sepeda, atau menyayangi hewan. Akui kebaikannya dan berikan pujian.

 

Namun, Sutton memperingati orangtua untuk memberi batasan agar anak tidak tumbuh menjadi sosok yang haus pujian. Aturan lima pujian dalam satu hari hanya anjuran, orangtua dapat menerapkan kebiasaan ini sesuai gaya parenting masing-masing.

 

“Keutamaan dari program parenting ini adalah anak mendapat pesan positif secara rutin. Tidak hanya dalam hitungan bulan, minggu, atau hari,” tutur Carole Sutton. Sutton menambahkan bahwa memuji perilaku baik anak tidak berlaku untuk orangtua saja. Keluarga, guru, dan siapapun yang berinteraksi dengan mereka wajib melakukan kebiasaan ini pula.

 

“Jika diterapkan, mereka akan melihat sendiri kemajuannya. Sang anak akan berperilaku positif di keluarga, sekolah, dan lingkungan mereka,” ujarnya. (Bella Dani; http://www.pikiran-rakyat.com/hidup-gaya/2017/05/16/memuji-anak-dapat-memperbaiki-perilaku-401241)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close